Maximizing WhatsApp Group for Students Group Presentation in Learning English Online

Penulis

  • Marisa Fran Lina Institut Agama Islam Negeri Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5237

Kata Kunci:

Covid-19 pandemic, learning English online, students' group presentation, WhatsApp group

Abstrak

WhatsApp Group (WAG) menjadi salah satu pilihan favorit untuk platform pembelajaran online di Era Pandemi Covid-19 ini. Hal ini dapat diakses, cukup murah, dan user-friendly. Sedangkan salah satu kegiatan dalam pembelajaran bahasa Inggris online melalui WAG adalah pembagian kelompok kelas yang diberi nama Students' Group Presentation (SGP). Tujuannya untuk melatih siswa agar lebih percaya diri mengelola pembelajaran online di kelasnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman dosen dalam menangani SGP melalui WhatsApp Group. Artikel ini memberikan langkah-langkah pembelajaran dan strategi untuk memaksimalkan kinerja SGP. Tidak hanya sekedar mempresentasikan topik, tetapi mereka juga harus kreatif untuk menghidupkan suasana pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan data dikumpulkan dari kegiatan SGP di WAG, kemudian dianalisis. Pertama, dosen mencontohkan dengan memberikan presentasi secara online melalui WAG seperti warming up, brainstorming, main course, cooling down, pemberian quote of the day (QOTD), kemudian closing. Selanjutnya tim SGP melakukannya secara bergantian setiap pertemuan dengan meniru model presentasi dosen dalam beberapa pertemuan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dan ide bagi dosen dan peneliti lainnya dalam mengajar bahasa Inggris secara online melalui WhatsApp.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395-402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Anissa, R. N., Utami, S., Setiyani, R., Tusyanah, Sholikah, M., & Nurkhin, A. (2017). What's Up with WhatsApp? The Contribution of Blended Learning Through WA Group Discussion for Better English Writing in Indonesia. Advanced Science Letters, 23(8), 7539-7544. https://doi.org/10.1166/asl.2017.9517
Ardianto, A. (2010). Metode Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Ayuningtyas, P. (2018). Whatsapp: Learning on the Go. Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 2(2), 159-170. https://doi.org/10.31002/metathesis.v2i2.629
Cooper, N. J., Sutton, A. J., & Abrams, K. R. (2002). Decision analytic economic model-ling within a Bayesian framework: application to prophylactic antibiotics use for caesarean section. Statistical Methods in Medical Research, 11(6), 491-512. https://doi.org/10.1191/0962280202sm306ra
Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile-Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Digilib.Uinsgd.WhatsApp Kuliah Mobile. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30354
Dharmawati. (2017). Penggunaan Media e-Learning Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran English for Business. Query: Journal of Information Systems, 1(1), 43-49. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/query/article/view/640
Emaliana, I. (2014). Metode Pembelajaran Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Inggris yang efektif bagi Mahasiswa. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Gumport, patricia, & Chun, M. (2007). Technology and Higher Education: Opportunities and Challenges for the New Era. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 12(2), 263-283. https://doi.org/10.24090/insania.v12i2.255
Haron, H., Al Abri, A., & Alotaibi, N. (2021). The Use of WhatsApp in Teaching and Learning English during COVID- 19: Students' Perception and Acceptance. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 15(3), 1014-1033.
Hartatik, S. F., & Lestari, H. D. (2021). Penggunaan WhatsApp sebagai Media Komunikasi Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Nomosleca, 7(1), 45-56. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v7i1.5535
Lina, M. F. (2020). WhatsApp Chat Group: A Platform Used for Virtual Students' activities in English Practice. Conference Proceeding 2nd International Conference on Linguistics (IC-Ling) Arabic & English "Current Issues on Linguistics, Literature, Translation, and Language Teaching."
Lina, M. F. (2021). Optimizing Performance of Students' Group Presentation: Vol. 95 pages. CV Qiara Media Partner.
Minalla, A. A. (2018). The Effect of WhatsApp Chat Group in Enhancing EFL Learners' Verbal Interaction outside Classroom Contexts. English Language Teaching, 11(3), 1-7. https://doi.org/10.5539/elt.v11n3p1
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan WhatsApp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165. http://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/417
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 56-60. http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122
Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif. t.p.
Alqahtani, M. S. M., Bhaskar, C. V., Elumalai, K. V., & Abumelha, M. (2018). Whatsapp: An Online Platform for University-Level English Language Education. Arab World English Journal (AWEJ), 9(4), 108-121. https://dx.doi.org/10.24093/awej/vol9no4.7
Suputra, P. E. D. (2020). Kelas Daring Bahasa Inggris di Masa Pandemi: Sebuah Tantangan Pembelajaran. Seminar Nasional Riset Inovatif, 7, 110-118.
Susilo, A., & Sofiarini, A. (2020). Pembelajaran Sejarah Online Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau di Masa Pandemik Covid 19. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial-Humaniora, 3(1), 24-32. https://doi.org/10.31539/kaganga.v3i1.1303
Vega, N. D. (2018). Meningkatkan Skor TOEFL Listening Mahasiswa Melalui Group Investigation bagi Mahasiswa Semester Empat Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan. Jurnal Borneo Humaniora, 1(2), 01-05. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v1i2.868
Wahyuni, S., & Febianti, K. (2019). The Use of WhatsApp Group Discussion to Improve Students' Writing Achievement. Indonesian Educational Administration and Leadership Journal, 1(1), 45-51. https://online-journal.unja.ac.id/IDEAL/article/view/7601
Wulandari, E., & Mandasari, Y. P. (2021). WhatsApp Group Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Daring di Masa Pandemi: Sebuah Kajian Teori. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 175-189. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1665

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Lina, M. F. (2021). Maximizing WhatsApp Group for Students Group Presentation in Learning English Online. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(2), 175–190. https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5237

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.