Penerapan Metode Tutorial dalam Pembelajaran BTA di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Karangklesem Kidul Kecamatan Kedungbanteng Banyumas

Penulis

  • Saefudin Ahmad Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v21i1.1408

Kata Kunci:

Tutorial Method, Qur’anic Reading and Writing, Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah

Abstrak

Abstrak: Salah satu pokok kajian dalam Pendidikan Agama Islam adalah BTA (Baca Tulis Al-Qur’an). Berbagai metode telah digunakan agar peserta didik memiliki kompetensi dalam bidang BTA. Salah satu metode yang efektif digunakan dalam rangka membentuk peserta didik agar memiliki kompetensi di bidang BTA adalah metode tutorial. Metode ini telah diterapkan di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah, Karangsalam, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Dan hasilnya, dalamwaktu kurang lebih setengah tahun, hampir semua santri sudah bisa baca tulis al-Qur’an serta hafal juz 30. Kata Kunci: Metode Tutorial, Baca Tulis Al-Qur’an, Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah,

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arif, Mahmud. 2008. Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LKiS.
Gintings, Abdorrakhman. 2010. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Gunawan, Heri. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.
Iswinarno, Chandra. 2011. Gerakan Santri Menulis: Sarasehan Jurnalistik Ramadhan 2011. Semarang: Suara Merdeka.
Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2006. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Maunah, Binti. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: TERAS.
Supani, dkk. 2013. Modul Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) STAIN Purwokerto. 2013. Purwokerto : Pusat Penjaminan Mutu (P2M) STAIN Purwokerto.
Usman, Basyiruddin. 2005. Metode Pembelajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Diterbitkan

2016-04-01

Cara Mengutip

Ahmad, S. (2016). Penerapan Metode Tutorial dalam Pembelajaran BTA di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Karangklesem Kidul Kecamatan Kedungbanteng Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 21(1), 116–128. https://doi.org/10.24090/insania.v21i1.1408

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.