Pengenalan Sains bagi Anak Oleh Orang Tua di Lingkungan Keluarga
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v21i1.1407Kata Kunci:
Introduction to Science, Children, Parents, Family EnvironmentAbstrak
Abstrak: Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dikenal anak dalam menumbuhkan potensi dirinya. Keluarga akan memberikan kontribusi yang sangat dominan terhadap terbentuknya kepribadian, kecerdasan intelektual maupun spiritual. Pendidikan oleh orang tua atau keluarga merupakan pondasi awal bagi anak. Hal paling kontekstual yang kadang tidak disadari orang tua adalah memperkenalkan sains kepada anak. Sains sering dianggap ilmu yang sulit, hal ini karena orang tua tidak memperkenalkan sains kepada anak. Sains sering dianggap ilmu yang sulit, hal ini karena orang tua tidak memperkenalkan sains sejak dini kepada anak. Memperkenalkan sains pada anak dapat dilakukan dengan metode yang menyenangkan dan dengan objek kajian yang sederhana, meliputi benda-benda di sekitar anak dan yang sering menjadi perhatian anak seperti air, udara, api, tanah, tumbuhan, hewan, bunyi, dan dirinya sendiri. Melalui sains, anak dapat melakukan percobaan sederhana. Percobaan tersebut melatih anak menghubungkan sebab dan akibat dari suatu perlakuan sehingga melatih anak untuk berpikir logis dan mampu memecahkan masalah. Mempelajari sains juga bermanfaat meningkatkan kreativitas anak, meningkatkan aspek kognitif, dan melatih berpikir kritis. Oleh karena itu, mengenalkan dan melatih sains sejak dini atau masa anak-anak adalah suatu hal yang sangat penting. Kata Kunci: Pengenalan Sains, Anak, Orang tua, Lingkungan Keluarga.Unduhan
Referensi
Kusumastuti. 2012. Mendidik Anak Ala Homeschool: 52 Aktivitas untuk Meluaskan Wawasan Anak. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Sovia, Emma. 2015. Buat Anak Anda Jago Eksakta!. Yogyakarta: DIVA Press.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).