Pengenalan Sains bagi Anak Oleh Orang Tua di Lingkungan Keluarga

Penulis

  • Anggraeni Mashinta Sulistyani Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan Majenang

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v21i1.1407

Kata Kunci:

Introduction to Science, Children, Parents, Family Environment

Abstrak

Abstrak: Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dikenal anak dalam menumbuhkan potensi dirinya. Keluarga akan memberikan kontribusi yang sangat dominan terhadap terbentuknya kepribadian, kecerdasan intelektual maupun spiritual. Pendidikan oleh orang tua atau keluarga merupakan pondasi awal bagi anak. Hal paling kontekstual yang kadang tidak disadari orang tua adalah memperkenalkan sains kepada anak. Sains sering dianggap ilmu yang sulit, hal ini karena orang tua tidak memperkenalkan sains kepada anak. Sains sering dianggap ilmu yang sulit, hal ini karena orang tua tidak memperkenalkan sains sejak dini kepada anak. Memperkenalkan sains pada anak dapat dilakukan dengan metode yang menyenangkan dan dengan objek kajian yang sederhana, meliputi benda-benda di sekitar anak dan yang sering menjadi perhatian anak seperti air, udara, api, tanah, tumbuhan, hewan, bunyi, dan dirinya sendiri. Melalui sains, anak dapat melakukan percobaan sederhana. Percobaan tersebut melatih anak menghubungkan sebab dan akibat dari suatu perlakuan sehingga melatih anak untuk berpikir logis dan mampu memecahkan masalah. Mempelajari sains juga bermanfaat meningkatkan kreativitas anak, meningkatkan aspek kognitif, dan melatih berpikir kritis. Oleh karena itu, mengenalkan dan melatih sains sejak dini atau masa anak-anak adalah suatu hal yang sangat penting. Kata Kunci: Pengenalan Sains, Anak, Orang tua, Lingkungan Keluarga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ashak, Abdulhak. 2007. “Memposisikan Pendidikan Anank Usia Dini dalam Sistem Pendidikan Nasional” Buletin PADU. Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Edisi 03, Desember 2002. Jakarta: Dir.PAUD, Dirjend. PLSP, Depdiknas .
Kusumastuti. 2012. Mendidik Anak Ala Homeschool: 52 Aktivitas untuk Meluaskan Wawasan Anak. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Sovia, Emma. 2015. Buat Anak Anda Jago Eksakta!. Yogyakarta: DIVA Press.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan

2016-04-13

Cara Mengutip

Sulistyani, A. M. (2016). Pengenalan Sains bagi Anak Oleh Orang Tua di Lingkungan Keluarga. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 21(1), 102–115. https://doi.org/10.24090/insania.v21i1.1407

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.