Workshop Parenting Pengasuhan Positif untuk Meningkatkan Kualitas Komunikasi Orang Tua dan Anak di Desa Jembangan
DOI:
https://doi.org/10.24090/jnr.v4i1.13320Keywords:
Pengasuhan Positif, Komunikasi, Orang Tua dan Anak, WorkshopAbstract
Orang tua memerlukan bimbingan dan panduan dalam membantu anak-anak mereka bertumbuh dan berkembang. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu keluarga melaksanakan pengasuhan pada anak mereka. Dengan menggunakan panduan parenting, sebagai temuan/hasil dari penelitian sebelumnya. Panduan ini kemudian dikembangkan menjadi sebuah modul yang mudah digunakan keluarga dalam membimbing remaja, menghadapi pengaruh globalisasi ini. Kegiatan pengabdian ini menunjukkan hasil peningkatan pemahaman orang tua tentang pola pengasuhan kepada anak terutama tentang pengasuhan positif dan kualitas komunikasi yang baik dalam keluarga yang diterapkan pada anak-anak mereka. Dalam suatu sesi, tim pengabdi juga berkesempatan berinteraksi dan berdialog langsung dengan para orang tua terkait hal-hal yang mereka temui selama pengasuhan. Manfaat yang didapat diharapkan keluarga dapat menerapkan model pengasuhan tepat ini pada setiap interaksi yang terjadi di keluarga. Pengasuhan positif merupakan pendekatan yang menekankan pada komunikasi yang baik, penghargaan, dan disiplin tanpa kekerasan dalam mengasuh anak-anak. Dalam rangka meningkatkan kualitas komunikasi orang tua dan anak, masalah yang di hadapi orang tua di desa Jembangan kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam mengasuh anak-anak dengan pendekatan pengasuhan positif. Fokus pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan orang tua dalam mengasuh anak-anak dengan pendekatan pengasuhan positif.References
Busral, AL. (2018). Peralnaln Oralng Tual Terhaldalp Pembinalaln ALkhlalk ALnalk. ALl-Walrdalh: Jurnall Kaljialn Perempualn, Gender, Daln ALgalmal, 12(2).
Claludial, S., & ALnwalr, F. (2022). Peralnaln Oralng Tual terhaldalp Pembinalaln ALkhlalk Remaljal di Kecalmaltaln Bungus Teluk Kalbung Kotal Paldalng. Jurnall Pendidikaln Talmbusali, 6(1), 715–720.
Ghaljalrzaldeh, M., Owji, M., Salhralialn, M. AL., & Moghaldalsi, AL. N. (2014). Emotionall Intelligence (EI) of Paltients with Multiple Sclerosis (MS). ALrticle in Iralnialn Journall of Public Heallth, 43(11), 1550–1556. http://ijph.tums.alc.ir
Golemaln, D. (2003). Kecerdalsaln Emosionall (T. Hermalyal, Ed.). Gralmedial Pustalkal Utalmal.
Kementerialn Kesehaltaln RI. (2016). Pedomaln Umum Progralm Indonesial Sehalt Dengaln Pendekaltaln Kelualrgal. Kementerialn Kesehaltaln RI.
Kistoro, H. C. AL. (2013). Perbedalaln Tingkalt Algresivitals Paldal Siswal Smu Muhi Yogyalkalrtal Berdalsalr Polal Alsuh Daln Jenis Pekerjalaln Oralng Tual. ALl-Misbalh (Jurnall Islalmic Studies), 1(1), 1–15. https://doi.org/10.26555/allmisbalh.v1i1.82
Kistoro, H. C. AL. (2021). The Relaltionship Between Online Galme ALddiction ALnd The Educaltion Balckground Of Palrents With The Interest Of Lealrning Islalmic Religious Educaltion In Students ALt Smk Muhalmmaldiyalh 2 Slemaln. TALDRIS: Jurnall Pendidikaln Islalm, 16(1), 204–218. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4520
Kistoro, H. C. AL. (2022). The Effect Of Tealcher Tealching Motivaltion On Student Lealrning Alchievement In Islalmic Religious Educaltion (Pali) Alt Stalte High School 1 Balso Bukittinggi. 1(2).
Malsduki, Y., ALdi Kistoro, H. C., Ru’iyal, S., Sutalrmaln, S., & Sukirmaln, S. (2020). Strengthening Religious Educaltion For Falmily Resilience In Yogyalkalrtal Muslim Minorities. Conciencial, 20(1), 28–39. https://doi.org/10.19109/conciencial.v20i1.5686
Nalseh, AL. H., Kistoro, H. C. AL., & Laltipalh, E. (2022). Implementaltion Of Religious Lealrning For Students With Speciall Educaltion Needs Through Online Alpplicaltions During The Covid-19 Palndemic. . . Vol., 3.
Ru’iyal, S., Sutrisno, Suyaldi, & Kistoro, H. C. AL. (2022). Korelalsi Pelepalsaln Morall daln Cyberbullying paldal Remaljal di Maldralsalh ALliyalh Negeri di Slemaln. Jurnall Morall Kemalsyalralkaltaln, 7(2), 177–185. https://doi.org/10.21067/jmk.v7i2.7430 Sukalntal, I. K. (2018). Nilali-Nilali Polal Alsuhaln Oralng Tual Yalng Mendorong Dalyal Krealtivitals Alnalk.
Suryaldi, B., Sorihal, E., & Ralhmalwalti, Y. (n.d.). Pengalruh Galyal Pengalsuhaln Oralng Tual, Konsep Diri, Daln Regulalsi Diri Terhaldalp Motivalsi Berprestalsi Siswal.
Taldesse Jalletal Jiraltal. (2014). Positive Palrenting: ALn Ethnogralphic Study of Storytelling for Sociallizaltion of Children in Ethiopial. Storytelling, Self, Society, 10(2), 156. https://doi.org/10.13110/storselfsoci.10.2.0156 Tsaluri. (n.d.). Pelaltihaln Pendalmpingaln Korbaln Kekeralsaln Balgi Komunitals Ballali Perempualn Alnnisal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wiji Asih, Fitta Nawal Rizqullah, Anisa Pitaloka, Asri Dwi Astuti, Wuri Indah Pristiwi, Ruhanee Mu-sek, Endah Kusumaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).