ASPEK KEJIWAAN TOKOH-TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MIMPI ANAK PULAU KARYA ABIDAH EL KHALIEQY SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Authors

  • Ismanto Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Ani Rakhmawati Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Nugraheni Eko Wardani Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/jnr.v2i2.9347

Keywords:

psikologi sastra, teori Abraham Maslow, pendidikan karakter, novel Mimpi Anak Pulau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kejiwaan tokoh-tokoh, nilai pendidikan karakter dalam novel dan relevansinya sebagai bahan pembelajaran di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode content analysis (analisis isi). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan psikologi sastra melalui teori psikologi Abraham Maslow. Sumber data penelitian adalah: (1) teks novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy; (2) panduan wawancara; (3) silabus pembelajararan Bahasa Indonesia di SMA kelas XII; (4) buku literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen dan wawancara. Teknik validasi data dengan triangulasi data dan sumber. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat tiga aspek kejiwaan yang mempengaruhi tokoh-tokoh dalam novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy yaitu: konflik; belajar; dan motif. Ketiga aspek kejiwaan tersebut mempengaruhi tingkat kebutuhan tokoh-tokoh dalam novel seperti: kebutuhan fisiologis; kebutuhan rasa aman, kebutuhan dicintai dan disayangi; kebutuhan harga diri hingga kebutuhan aktualisasi diri; (2) terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter yang menonjol dalam novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy yaitu; religius; kerja keras; kreatif; tanggung jawab; rasa ingin tahu; peduli sosial; cinta tanah air; semangat kebangsaan dan nasionalisme; jujur dan mandiri; (3) materi pembelajaran yang sesuai dengan hasil analisis psikologi sastra dan nilai pendidikan karakter novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA.    

References

DAFTAR PUSTAKA

Endraswara, S. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Persindo.

Globe. G. F. 1987. Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta : Kanisius.

Ismawati, E. 2013. Perancangan Pengajaran Bahasa. Surakarta; Yuma Pustaka.

Kemendiknas.2010. Bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa. Jakarta : Kemendiknas.

Kesuma, D. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khalieqy, A. E. 2015. Mimpi Anak Pulau. Yogyakarta : Ar-Ruz Media.

Nurgiyantoro, B. Teori Pengkajian Fiksi. 2013. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Minderop, A. 2010. Psikologi Sastra, Karya Sastra, Metode,Teori dan Contoh Kasus. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.

Minderop, A. 2007. Thedore Dreiser’s Social Criticims and Moral Teaching in the Novel of “The Sister Carrie”. American Journal of Psychology, Vol. 6, No 10 (Juli 2007), pp 210.

Pradopo, R. D. 2013. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, N. K. 201.1. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samani, M dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur, A . 2011. Psikologi Umum. Bandung : CV PUSTAKA SETIA.

Suyitno. 2002. Tata Nilai dan Aksesoris Baru Indonesia. Yogyakarta: Hanindita.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta :C.V Andi Offset.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta : Pustaka

Pelajar.

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Ismanto, Rakhmawati, A., & Eko Wardani, N. (2023). ASPEK KEJIWAAN TOKOH-TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MIMPI ANAK PULAU KARYA ABIDAH EL KHALIEQY SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Jurnal Nusantara Raya, 2(2), 95–106. https://doi.org/10.24090/jnr.v2i2.9347

Issue

Section

Articles