ASPEK KEJIWAAN TOKOH-TOKOH DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MIMPI ANAK PULAU KARYA ABIDAH EL KHALIEQY SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.24090/jnr.v2i2.9347Keywords:
psikologi sastra, teori Abraham Maslow, pendidikan karakter, novel Mimpi Anak PulauAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kejiwaan tokoh-tokoh, nilai pendidikan karakter dalam novel dan relevansinya sebagai bahan pembelajaran di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode content analysis (analisis isi). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan psikologi sastra melalui teori psikologi Abraham Maslow. Sumber data penelitian adalah: (1) teks novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy; (2) panduan wawancara; (3) silabus pembelajararan Bahasa Indonesia di SMA kelas XII; (4) buku literatur yang relevan. Teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen dan wawancara. Teknik validasi data dengan triangulasi data dan sumber. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat tiga aspek kejiwaan yang mempengaruhi tokoh-tokoh dalam novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy yaitu: konflik; belajar; dan motif. Ketiga aspek kejiwaan tersebut mempengaruhi tingkat kebutuhan tokoh-tokoh dalam novel seperti: kebutuhan fisiologis; kebutuhan rasa aman, kebutuhan dicintai dan disayangi; kebutuhan harga diri hingga kebutuhan aktualisasi diri; (2) terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter yang menonjol dalam novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy yaitu; religius; kerja keras; kreatif; tanggung jawab; rasa ingin tahu; peduli sosial; cinta tanah air; semangat kebangsaan dan nasionalisme; jujur dan mandiri; (3) materi pembelajaran yang sesuai dengan hasil analisis psikologi sastra dan nilai pendidikan karakter novel Mimpi Anak Pulau karya Abidah El Khalieqy adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA.References
DAFTAR PUSTAKA
Endraswara, S. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Persindo.
Globe. G. F. 1987. Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta : Kanisius.
Ismawati, E. 2013. Perancangan Pengajaran Bahasa. Surakarta; Yuma Pustaka.
Kemendiknas.2010. Bahan pelatihan penguatan metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa. Jakarta : Kemendiknas.
Kesuma, D. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Khalieqy, A. E. 2015. Mimpi Anak Pulau. Yogyakarta : Ar-Ruz Media.
Nurgiyantoro, B. Teori Pengkajian Fiksi. 2013. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Minderop, A. 2010. Psikologi Sastra, Karya Sastra, Metode,Teori dan Contoh Kasus. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia.
Minderop, A. 2007. Thedore Dreiser’s Social Criticims and Moral Teaching in the Novel of “The Sister Carrie”. American Journal of Psychology, Vol. 6, No 10 (Juli 2007), pp 210.
Pradopo, R. D. 2013. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, Dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratna, N. K. 201.1. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samani, M dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sobur, A . 2011. Psikologi Umum. Bandung : CV PUSTAKA SETIA.
Suyitno. 2002. Tata Nilai dan Aksesoris Baru Indonesia. Yogyakarta: Hanindita.
Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta :C.V Andi Offset.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).