REPRESENTASI BUDAYA BATIK DALAM FILM SEKAR KARYA KAMILA ANDINI SERTA IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BIPA

Authors

  • Kenroro Arditie Dyah Retnoningtyas Universitas Pekalongan
  • Hanindya Restu Aulia Universitas Pekalongan
  • Daniel B. Assomah Universitas Brunei Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.24090/jnr.v1i3.8005

Keywords:

BIPA, Cultural Representation Batik, Film

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan identifikasi representasi budaya batik dalam film “Sekar”. Budaya yang ada pada film akan dianalisis alat dan bahan, proses pembuatan, dan motif batiknya. Hasil dari analisis tersebut akan diimplikasikan sebagai alternatif bahan ajar BIPA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya adalah film “Sekar” karya Kamila Andini berdurasi 7 menit 51 detik. Sumber data penelitian ini berupa scene dan dialog pada film. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik content analysis. Berdasarkan hasil dan pembahasan, ditemukan bahwa representasi budaya batik dalam film “Sekar” yakni, a) alat dan bahan membatik meliputi canting, kain mori, gawangan, dan lilin/malam, b) Pembuatan batik dalam film tersebut meliputi: nyanting, mopok, nyolet, nyelup, nglorod, dan njemur, dan c) motif-motif batik, seperti motif parang, sekar jagad, dan kawung. Materi ajar ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar BIPA atau sebagai pengayaan.

References

Agustina, T., & Masyhuda, M. (2021). Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA) Representasi Budaya Jawa dalam Film “Lagi-Lagi Ateng” Karya Monty Tiwa serta Implementasinya sebagai Bahan Ajar BIPA Tingkat Mahir. 3, 133–145. https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i2.4324

Dwiyanti, R., & Suherman, A. (2019). Unsur Budaya Dalam Cerita Film Cakra Buana Karya Sutradara Massimo Burhanuddin. Lokabasa, 10(2), 204–213. https://doi.org/10.17509/jlb.v10i2.21361

Kemendikbud. (2016). Permendikbud 24. 20.

Larasati, F. U., Aini, N., Hery, A., Irianti, S., Malang, K., & Ngantang, K. (2021). Proses Pembuatan Batik Tulis Remekan Di Kecamatan Ngantang. Prosiding Pendidikan Tata Boga Busana, 8.

Nursalim, A. (2016). Dekonstruksi Motif Batik Keraton Cirebon: Pengaruh Ragam Hias Keraton Pada Motif Batik Cirebon. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.17509/jpp.v15i1.2432

Pramitasari, A., Aulia, H. R., & Widadi, Z. (2015). Pengembangan Buku Pop-up Pekalongan sebagai Media Edumotik (Edukasi dan Promosi Batik) Kota Pekalongan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 8, 43–51. docplayer.info.

Sumanto, S., Hardiyanto, H., Widodo, B., & Sudiasa, N. (2019). Membatik Di Desa Torongrejo Kota Batu. Industri Inovatif : Jurnal Teknik Industri, 8(1), 50–51. https://doi.org/10.36040/industri.v8i1.677

Surya, M. C., & P., P. T. (2013). Sekar Jagad In Victorian Style. Jurnal Fesyen Perspektif, 3(1), 1–16.

Suyitno, I. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global, 0812178003(1), 55–70. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/4856

Syarifuddin, D. (2016). Nilai Budaya Batik Tasik Parahiyangan Sebagai Daya Tarik Wisata Jawa Barat. 14(2), 9–20. https://doi.org/10.17509/jurel.v14i2.8530

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Retnoningtyas, K. A. D., Aulia, H. R., & Assomah, D. B. (2022). REPRESENTASI BUDAYA BATIK DALAM FILM SEKAR KARYA KAMILA ANDINI SERTA IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BIPA. Jurnal Nusantara Raya, 1(3), 167–175. https://doi.org/10.24090/jnr.v1i3.8005

Issue

Section

Articles