FUNGSI KELUARGA DALAM PANTUN MELAYU REDAKSI BALAI PUSTAKA DAN KAITANNYA DENGAN BAHAN AJAR: KAJIAN HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR

Authors

  • Alena Ririn Novrianti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan
  • Wachid Eko Purwanto Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.24090/jnr.v2i3.10433

Keywords:

Fungsi keluarga, Pantun Melayu, Bahan ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : mendeskripsikan fungsi keluarga dalam pantun anak dan pantun orang tua Pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka dan Mendeskripsikan Pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMP. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, kemudian subjek penelitiannya pantun anak dan pantun orang tua. Sedangkan objeknya yaitu Fungsi Keluarga dalam Pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMP Kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik baca catat. Metode yang digunakan yaitu metode simak. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) fungsi keluarga dalam pantun anak dan pantun orang tua yang meliputi fungsi keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, sosialisasi dan pendidikan, dan ekonomi dalam buku pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka (2) Pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka sesuai dengan konsep pemilihan bahan ajar dan kurikulum merdeka dengan fase D Sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran sastra di jenjang SMP kelas VII.

References

Harsiati, Titik. 2014. “Bahasa Indonesia; Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 2016.” : 1–306.

Herawati, Tin. 2017. “Penanaman Dan Penerapan Karakter Melalui 8 Fungsi Keluarga.” Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional: 116.

Indraningsih. 2013. “Hermeneutika Paul Ricoeur Dan Penerapannya Pada Pemaknaan Simbol Dalam Roman ‘Rafilus’ Karya Budi Darma.” Jurnal Filsafat 21(2): 119–33.

Rahman, Daden Robi. 2016. “Kritik Nalar Hermeneutika Paul Ricoeur.” Kalimah 14(1): 37. DOI: https://doi.org/10.21111/klm.v14i1.360

Wahid, Masykur. 2015. LKiS Yogyakarta Teori Interpretasi Paul Ricoeur.

Sunarsih, Eti, and Zulfahita Zulfahita.

“Gaya Bahasa Perbandingan Dalam Pantun Melayu Redaksi Balai Pustaka.” Jurnal Pendidikan Bahasa 11(1): 99–113. DOI: https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.3456

Rahmanto. (1988). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Suryaman, M. 2020. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” : 13–28. DOI: https://doi.org/10.35335/lebah.v13i2.63

Purwanto, Wachid. E. (2023).

Monografi Variasi Penulisan Rima dan Baris Pantun Melayu. K-Media.

Pustaka, B. (2008). Pantun Melayu.

Redaksi Balai pustaka

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Ririn Novrianti, A., & Eko Purwanto, W. (2023). FUNGSI KELUARGA DALAM PANTUN MELAYU REDAKSI BALAI PUSTAKA DAN KAITANNYA DENGAN BAHAN AJAR: KAJIAN HERMENEUTIKA PAUL RICOEUR. Jurnal Nusantara Raya, 2(3), 122–132. https://doi.org/10.24090/jnr.v2i3.10433

Issue

Section

Articles