Penguatan Nilai-Nilai Aswaja dalam Membangun Karakter An-Nahdliyah Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
Keywords:
Nilai-Nilai Aswaja, Karakter An-Nahdliyah, Mahasiswa, Pendidikan Islam Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penguatan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) dalam membangun karakter An-Nahdliyah mahasiswa program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto. Maka dari itu, Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang mendeskripsikan bagaimana penguatan nilai-nilai aswaja dalam membangun karakter an-nahdliyah mahasiswa. Penelitian ini memanfaatkan metode analisis data model interaktif Miles dan Huberman berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, uraian, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penguatan nilai-nilai Aswaja dalam membangun karakter An-Nahdliyah Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto dilakukan melalui tujuh langkah strategis yaitu: pemahaman aswaja sebagai landasan karakter, pengintegrasian nilai aswaja dalam kurikulum PIAUD, implementasi nilai aswaja melalui aktivitas keseharian, pembinaan karakter melalui keteladanan, penguatan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan keagamaan, penyusunan modul dan bahan ajar berbasis aswaja, dan penggunaan teknologi dalam penyebaran nilai aswaja. Pemahaman yang mendalam dan implementasi yang konsisten terhadap nilai-nilai Aswaja membantu mahasiswa menjadi individu berkarakter An-Nahdliyah, yang tidak hanya kuat dalam aspek keilmuan dan spiritualitas, tetapi juga memiliki sikap yang inklusif, moderat, dan toleran.References
Hasanah, Nurul. 2024. “Implementasi Konsep Dan Nilai-Nilai Tawasuth, Tawazun, I’tidal, Dan Tasammuh Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Bagi Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kota Bengkulu Tahun Akademik 2023-2024.” QIYAS: JURNAL HUKUM ISLAM DAN PERADILAN 9 (1): 148–59. https://doi.org/10.29300/qys.v9i1.4819.
Hidayatulloh, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Yuma Pustaka.
Irawan, Riya, and Fibriyan Irodati. 2022. “Nilai-Nilai Aswaja Di Maddin Jaryul ‘Ulum Kecamatan Kuwarasan.” Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa 1 (1): 1–10. https://doi.org/10.33507/tarbi.v1i1.454.
Karima, Qonita. 2024. “INTERNALISASI NILAI TASAMUH PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DI PKBM SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA.” Masters, IIQ AN NUR YOGYAKARTA. https://repository.nur.ac.id/id/eprint/440/.
Maryam, Neneng Siti. 2023. “URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI MAHASISWA DI ERA DIGITAL.” Jurnal Pendidikan Sang Surya 9 (1): 95–106. https://doi.org/10.56959/jpss.v9i1.92.
Miles, Matthew B., and Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis: AnExpanded Source. London: SAGE Publications Ltd.
Moleong, Lexy J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Syarifah, Divya Nisausy, Waslah -, and Khoirur Roziqin. 2021. “Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah Dalam Membentuk Karakter An-Nahdliyah Melalui Kegiatan Keagamaaan (Studi Kasus Di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah).” JoEMS (Journal of Education and Management Studies) 4 (1): 43–50.
Ula, Muhammad Bahrul. 2021. “Aktualisasi dan Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter ASWAJA pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam di Era 4.0.” An Nahdhoh: Jurnal Kajian Islam Aswaja 1 (2): 164–75.
Zuriah, Nurul. 2016. Metode Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).