IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI PADA ANAK USIA DINI (STUDI PADA PAUD INKLUSI DI KABUPATEN KEBUMEN)

Penulis

  • lilis madyawati Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3291

Kata Kunci:

pendidikan inklusi, anak usia dini

Abstrak

  Abstrak   Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Inklusi pada Anak di PAUD Inklusi Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah sebagai upaya memberikan pelayanan kepada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilakukan di tiga lembaga PAUD Inklusi di kabupaten Kebumen untuk memperoleh data kesesuaian pelaksanaan pendidikan inklusi dengan pedoman pelaksanaan pendidikan inklusi dan pelayanan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara terhadap pendidik, tenaga kependidikan, serta wali murid. Metode observasi langsung dilakukan guna mengamati berbagai kegiatan bermain dan pembelajaran. Untuk data- data pendukung tentang implementasi pendidikan inklusi, peneliti menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pendidikan inklusi pada lembaga PAUD inklusi di kabupaten Kebumen telah mengupayakan penerapan kurikulum kegiatan pembelajaran regular meskipun terdapat pelayanan secara terpisah untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus dengan tenaga yang terbatas dan belum sesuai dengan jenis kebutuhan khusus anak.      Keywords pendidikan inklusi, anak usia dini

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Direktorat Pendidikan Sekolah luar Biasa. (2013). Pedoman Pelaksanaan Inklusif kurikulum 2013. Jakarta.
Moleong,L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. (2013).(online), (edukasi.kompasiana.com/…/sekolah-inklusi dan abk), diakses 3 Januari 2019).
Slavin, R.E. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Indeks.
Suyadi. (2012). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.
Undang- undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Aman Duta Jaya.
Yuliani, Nurani, Sujiono. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Diterbitkan

2020-06-15

Cara Mengutip

madyawati, lilis. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI PADA ANAK USIA DINI (STUDI PADA PAUD INKLUSI DI KABUPATEN KEBUMEN). INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 1–13. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3291

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.