STRATEGI KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MENGHADAPI UN DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2589Kata Kunci:
principal's strategy, students learning motivation, national examinationAbstrak
Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui strategi kepala SMP Negeri 4 Yogyakarta guna meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) setelah dua tahun mengalami penurunan. Menggunakan metode deskriptif kualitatif penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk strategi kepala sekolah, faktor pendukung dan penghambat serta implikasi. Bentuk strategi kepala sekolah, di antaranya: (1) kerjasama dengan wali siswa, guru dan kepala sekolah; (2) kegiatan training motivasi; (3) inovasi pembelajaran; (4) menjadi leader, supervisor dan manajer; dan (5) menganjurkan siswa memiliki buku referensi belajar. Faktor pendukung dan penghambat berasal dari kepala sekolah, guru, siswa, wali siswa dan lingkungan. Hasil dari implikasi strategi kepala sekolah, yaitu: (1) motivasi siswa mengikuti bimbingan belajar bertambah, (2) siswa menjadi aktif di dalam kelas, (3) motivasi belajar siswa meningkat; dan (4) hasil UN lebih baik dari tahun sebelumnya. Kata kunci : Strategi kepala sekolah, motivasi belajar siswa, ujian nasional.Unduhan
Referensi
Daradjat, Zakiyah. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, Enco. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Pridata, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Soaloon, Thoib Baun. 2009. Dusta Ujian Nasional, htttp://www.acehinstitute.org.//
Uno, B Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Usaman, Husaini. 2008. Managemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teori dan Permasalahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).