Memahami Ideologi Pendidikan Dalam Perspektif Al – Qur’an
Memahami Ideologi Pendidikan Dalam Perspektif Al – Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1174Kata Kunci:
Ideology, Al - Qur'an, Education, IslamAbstrak
Secara teoretis ideologi adalah landasan teoretik dan pandangan filosofis yang memberikan arahan operasional. Pada Perkembangannya dikenal ada 3 aliran ideologi besar yang mempengaruhi pendidikan, yaitu : konservatif, liberal, dan kritis. Sistem pendidikan tradisional cenderung menggunakan ideologi konservatif sebagai landasan pendidikannya. Sementara itu, pendidikan modern yang kini tengah berkembang pesat dalam laju globalisasi berpedoman pada paham liberaris dalam pengelolaan pendidikan dengan mengusung semangat humanisme tinggi. Di sisi lain, Islam sebagai bangunan agama yang membawa konsep rahmatan lil ‘alamin pada dasarnya memiliki konsep nilai humanis tersebut yang sebenarnya telah tersedia dalam Al –Qur’an. Hanya saja, bagaimana manusia dapat menggali dan memaksimalkan penggunaanya dalam kajian pendidikan dengan tepat dan untuk mencapai konsep pendidikan yang ideal perlu dikembangkan lebih luas lagi. Maka dengan demikian konsep atau ideologi pendidikan Islam sesungguhnya sudah ada dalam Al-Qur’an tinggal bagaimana manusia memaksimalkan potensinya untuk menggali ilmu – ilmu tersebut.Unduhan
Referensi
Bagus, Lorens. 2002. Kamus Filsafat. Jakarta: OT Gramedia
Baidlawi, Moh. Modernisasi Pendidikan Islam, dalam Jurnal Tadris Volume 1 Nomor 2006
Budiman, nasir. 2016. Ideologi Pendidikan Qur’ani: Gagasan dan Tawaran. Banda Aceh: Bandar Publishing
Hatta, Mohammad. 2000. Sosialisme Religius: Suatu Jalan Keempat. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Kertanegara, Mulyadhi. 2003. Menyibak Tirai Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam. Bandung: Mizan.
Kurniawan, M. Ardi. Peluang Penggunaan Paradigma Pendidikan Kritis dalam Kajian Bahasa dan Sastra, dalam Materi Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXXVI Tahun 2014.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).