Memahami Ideologi Pendidikan Dalam Perspektif Al – Qur’an

Memahami Ideologi Pendidikan Dalam Perspektif Al – Qur’an

Penulis

  • Desita Nur Azizah Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1174

Kata Kunci:

Ideology, Al - Qur'an, Education, Islam

Abstrak

Secara teoretis ideologi adalah landasan teoretik dan pandangan filosofis yang memberikan arahan operasional. Pada Perkembangannya dikenal ada 3 aliran ideologi besar yang mempengaruhi pendidikan, yaitu : konservatif, liberal, dan kritis. Sistem pendidikan tradisional cenderung menggunakan ideologi konservatif sebagai landasan pendidikannya. Sementara itu, pendidikan modern yang kini tengah berkembang pesat dalam laju globalisasi berpedoman pada paham liberaris dalam pengelolaan pendidikan dengan mengusung semangat humanisme tinggi. Di sisi lain, Islam sebagai bangunan agama yang membawa konsep rahmatan lil ‘alamin pada dasarnya memiliki konsep nilai humanis tersebut yang sebenarnya telah tersedia dalam Al –Qur’an. Hanya saja, bagaimana manusia dapat menggali dan memaksimalkan penggunaanya dalam kajian pendidikan dengan tepat dan untuk mencapai konsep pendidikan yang ideal perlu dikembangkan lebih luas lagi. Maka dengan demikian konsep atau ideologi pendidikan Islam sesungguhnya sudah ada dalam Al-Qur’an tinggal bagaimana manusia memaksimalkan potensinya untuk  menggali ilmu – ilmu tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achmadi. 2008. Ideologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Theosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,.
Bagus, Lorens. 2002. Kamus Filsafat. Jakarta: OT Gramedia
Baidlawi, Moh. Modernisasi Pendidikan Islam, dalam Jurnal Tadris Volume 1 Nomor 2006
Budiman, nasir. 2016. Ideologi Pendidikan Qur’ani: Gagasan dan Tawaran. Banda Aceh: Bandar Publishing
Hatta, Mohammad. 2000. Sosialisme Religius: Suatu Jalan Keempat. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Kertanegara, Mulyadhi. 2003. Menyibak Tirai Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam. Bandung: Mizan.
Kurniawan, M. Ardi. Peluang Penggunaan Paradigma Pendidikan Kritis dalam Kajian Bahasa dan Sastra, dalam Materi Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia (PIBSI) XXXVI Tahun 2014.

Diterbitkan

2017-05-11

Cara Mengutip

Azizah, D. N. (2017). Memahami Ideologi Pendidikan Dalam Perspektif Al – Qur’an: Memahami Ideologi Pendidikan Dalam Perspektif Al – Qur’an. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(1), 61–73. https://doi.org/10.24090/insania.v22i1.1174

Terbitan

Bagian

Articles