Pelaksanaan Program Gerakan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Banyumas (Evaluasi Program Berdasarkan Goal Oriented Model)

Authors

  • Fauzi Fauzi STAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v15i2.2014.pp274-288

Keywords:

evaluasi program, gerakan nasional pendidikan anak usia dini

Abstract

Abstract: This article presents the results of an evaluative study on theimplementation of a national movement for early childhood education (Paudisasimovement) in Banyumas district. The selected program evaluation model that isgoal oriented models. The study results showed that the general implementation ofPaudisasi movement in Banyumas district has led to the achievement of the setprogram standards. Yet still found lest than optimal program on every aspect of theprogram is based on criteria or indicators specified program. Necessary to optimizethe implementation of a national movement programs for early childhood educationin a more creative, substantive and qualitative.Keywords: evaluation of the program, a national movement for early childhoodeducation. Abstrak: Artikel ini memaparkan hasil kajian evaluatif atas pelaksanaangerakan nasional pendidikan anak usia dini (gerakan Paudisasi) di kabupatenBanyumas. Model evaluasi program yang dipilih yakni goal oriented model. Hasilkajian menunjukan bahwa secara umum pelaksanaan gerakan Paudisasi dikabupaten Banyumas telah mengarah pada upaya pencapaian standar programyang ditetapkan. Namun demikian masih ditemukan kekurangoptimalanpelaksanaan program pada setiap aspek program berdasarkan kriteria atauindikator program yang ditetapkan. Diperlukan optimalisasi implementasi programgerakan nasional pendidikan anak usia dini secara lebih kreatif, substantif, dankualitatif.Kata Kunci: evaluasi program, gerakan nasional pendidikan anak usia dini.

References

Ditjen PAUDNI Kementerian Pendidikan Nasional. 2001. Kerangka Besar
Pembangunan PAUD Indonesia Periode 2011-2025. Jakarta: Ditjen PAUDNI.
Nawawi, Hadari dan M. Matini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gadjah
Mada University Press.
Bredekamp, S., dan C. Copple (eds.). 1997. Developmentally Appropriate Practice
in Early Childhood Program. Washington D.C.: NAEYC.
Catron, Carol E., dan Jan Allen. 1999. Early Childhood Curriculum: A Creative
Play Model, Second Edition. New Jersey: Prentice-Hall. Inc.
Chourmain, M.A.S. Imam. 2011. Pendekatan-Pendekatan Alternatif Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Rineka Cipta.
Crain, William. 2007. Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi. Terjemahan
Yudi Santoso. Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gestwicki, Carol. 2007. Developmentally Appropriate Practice: Curriculum
and Development In Early Education. Canada: Thomson Delmar Learning.
Jackman, Hilda L. 2009. Early Education Curriculum A Child’s Connection
to the World. Fourth Edition. USA: Delmar Cengage Learning.
Morisson, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi
Kelima, Terj. Suci Romadhona dan Apri Widiastuti. Jakarta: Indeks.
Oriondo, Leonard Layola., and Eleanor M. Dallo Antonio. 1988. Evaluating
Educational Outcomes. Manila: Rex Book Store.
Roopnarine, Jaipaul L., dan James E. Johnson. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini
Dalam Berbagai Pendekatan. Edisi Kedelapan, Cetakan ke-1. Terjemahan
Sari Narulita. Jakarta: Kencana.
Royses, David., Bruce Thyer, dan Deborah Padgett. 2000. Program Evalution:
An Introduction. Belmont: Wadswort Cengage Learning.
Rutman, Leonard. Evaluation Research Methodology. 1984. New Delhi: Sage
Publication PVT Ltd.
Tim Program Pascasarjana. 2012. Buku Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi
PPS UNJ 2012. Jakarta: PPs UNJ Press.
Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi (Contoh
Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia,
Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan,
Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Teks). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2014-12-26

How to Cite

Fauzi, F. (2014). Pelaksanaan Program Gerakan Nasional Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Banyumas (Evaluasi Program Berdasarkan Goal Oriented Model). Jurnal Penelitian Agama, 15(2), 274–288. https://doi.org/10.24090/jpa.v15i2.2014.pp274-288

Issue

Section

Articles