Peran Yayasan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Cilacap

Authors

  • Dewi Ariyani Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Diana Noviyanti Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v22i2.2021.pp239-259

Keywords:

mutu pendidikan, peran yayasan, yayasan pendidikan

Abstract

MI Ya BAKII 1 Kesugihan adalah alasan awal dibentuknya Ya BAKII. Madrasah ini merupakan MI pertama di bawah naungan Ya BAKII yang telah mendapatkan akreditasi A. Peran yayasan dalam penyelenggaraan pendidikan menjadi sangat penting. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran yayasan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Ya BAKII 1 Kesugihan, Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ya BAKII berperan dalam setiap aspek penyelenggaraan pendidikan, dan yayasan telah aktif berkontribusi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MI Ya BAKII 1 Kesugihan. Adapun rincian peran Ya BAKII dalam penyelenggaraan pendidikan adalah: 1) Memberikan kepercayaan dalam pengelolaan pendidikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan terbaik. 2) Terlibat dalam merumuskan upaya pengembangan dan menentukan arah pengembangan sekolah. 3) Memberikan beasiswa kepada peserta didik. 4) Memberikan dukungan dalam pemenuhan sarana dan prasarana. 5) Meningkatkan sumber daya manusia di sekolah. 6) Melaksanakan pengendalian dalam pengelolaan sekolah.

References

Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 8(1), 81-92. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v8i1.1256

Arifa, B. N. (2020). Pelaksanaan Manajemen Rekrutmen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(2), 167-176. https://doi.org/10.15575/isema.v5i2.5740

Badruttaman, B. (2018). Manajemen Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Islam Nurul Karomah Bangkalan. Kabilah: Journal of Social Community, 3(1), 64-80. https://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/article/view/72

Cahyono, L. E., Wibowo, S. B., & Murwani, J. (2015). Analisis Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan Pada Smp Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun. ASSETS: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 4(2), 99-105. http://doi.org/10.25273/jap.v4i2.684

Junaidi, A. (2010). Kajian Manajemen Pembiayaan Pendidikan Islam: Sebuah Konsep Dasar. Dalam Baharudin, W. Murni, A. Murfi, & Marjuni (Eds). Antologi Pengembangan Pembiayaan Pendidikan Islam (pp. 51-64). Semesta Aksara.

Muhardi, M. (2004). Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478-492. https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.153

Muid, A., & Shofiyatin, A. (2021). Implementasi Prinsip-Prinsip Ahlussunnah Wal Jama’ah Annahdhiyyah dalam Pendidikan Karakter di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Daruttaqwa Suci Manyar Gresik. JIPPI: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Pendidikan Islam, 7(7), 1-54. https://jurnal.maziyatulilmi.com/index.php/jippi/article/view/37

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Kharisma Putra Utama.

Mustari, M. (2014). Manajemen Pendidikan. Rajawali Pers.

Rojii, M., Nurdiyan, P., P, A. R., Islamiar, A. N., Anggraeni, N., Wulandari, S., Oktafia, R., Hidayatulloh, H., Fahyuni, E. F. (2020). Buku Ajar Konsep Pembiayaan Pendidikan Islam. Umsida Press.

Said, M. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah: What, How dan Why tentang Pendidikan Karakter. Jaring Pena.

Sani, R. A., Pramuniati, I., Mucktiany, A., & Syamsiyah, N. (2015). Penjaminan Mutu Sekolah. Bumi AKsara

Sallis, E. Total Quality Management In Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Terj. Ahmad Ali Riyadi & Fahrurrozi. Ircisod.

Siswopranoto, M. F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 17-29. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i1.372

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Tabroni, T. (2013). Upaya Menyiapkan Pendidikan Yang Berkualitas. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(5), 54–67. http://e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/alfikrah/article/view/796

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma'arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18-22. https://jurnal.maarifnumalang.id/index.php/mjemias/article/view/3

Zahro, S. U., Safitri, D. N. N., Setiawan, E. (2022). Peran Yayasan dalam Mengatasi Problematika Manajemen Sarana Prasarana dan Kurikulum. Journal of Education Research, 3(1), 22–27. https://doi.org/10.37985/jer.v3i1.71

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Ariyani, D., & Noviyanti, D. (2023). Peran Yayasan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah di Cilacap. Jurnal Penelitian Agama, 22(2), 239–259. https://doi.org/10.24090/jpa.v22i2.2021.pp239-259

Issue

Section

Articles