Efisiensi Hafalan Al-Qur’an dalam Pendidikan Islam di Indonesia sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Usia Dini

(Prespektif Psikolinguistik)

Authors

  • Muhammad Subhi Mahmasoni UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v24i1.2023.pp63-70

Keywords:

Efisiensi Hafalan al-Qur’an, pendidikan Islam, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Usia Dini, Psikolinguistik

Abstract

Kesadaran pendidikan Islam di intitusi Perguruan Tinggi Islam dalam mengajarkan bahasa asing, khususnya bahasa Arab, sebagai modal utama dalam menempuh pendidikan ilmu agama Islam, menjadikan bahasa Arab lebih dituntut untuk dipelajari, meskipun sebenarnya banyak faktor yang mendukung supremasi dan eksistensi bahasa Arab seperti bahasa Arab adalah bahasa al-Qur’an dan bahasa literatur Islam. Namun permasalahan sesungguhnya adalah manakah yang lebih efisien antara hafalan al-Qur’an terlebih dahulu sebelum belajar bahasa Arab atau sebaliknya, belajar bahasa Arab dulu sebelum belajar menghafal al-Qur’an, atau justru berjalan bersamaan, sehingga dari sinilah tidak ada ketimpangan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, bisa dimunculkan satu pertanyaan mayor: Bagaimana efisiensi hafalan al-Qur’an dalam pendidikan Islam sebagai strategi pembelajaran Bahasa Arab Usia Dini? Adapun pertanyaan minornya: Bagaimana pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap pembelajaran bahasa Arab usia dini prespektif Psikolinguistik? Artikel ini mendeskripsikan akan adanya efisiensi hafalan al-Qur’an dalam pendidikan Islam sebagai strategi pembelajaran bahasa Arab, serta menegesakan akan adanya pengaruh hafalan al-Qur’an dalam pembelajaran bahasa Arab usia dini prespektif Psikolinguistik (pemerolehan bahasa kedua). Disisi lain, artikel ini mendukung proses menghafal al-Qur’an untuk didahulkan sebelum belajar bahasa Arab.

References

Adonis. 2012. Arkeologi Sejarah dan Pemikiran Islam. Yogyakata: LKiS.

al-A’zami, M.M.. 2015. The History The Qur’anic Text From Revelation To Compilation A Comparative Study Whith the Old and New Testements. Translate by. Sohirin, ect. Jakarta: Gema Insani.

Al-Jawi, Syarah Uqudul Lijain.

Bayumi, Muhammad Hasan. 1971. Fiqh Al-Lughah, Muhadarat fi Kuliyah al-Arab. Bandung: IAIN Gunung Jati.

Beeston, A.F.L.. 1970. The Arabic Language Today. London University: Huchimso & Co.

Al-Bukhari, Shohih Bukhari.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

al-Faruqi, Ismail.R..1986. The Cultural Atlas of Islam. New York: Macmillan Publishing Company. DOI: https://doi.org/10.35632/ajis.v3i1.2768

Glasse, Cyril. 1999. Ensiklopedi Islam (Ringkas). Translate. Ghuron A. Mas’adi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, edition I, copy.II.

Hitti, Philip.K.. 1970. History of The Arabs. London: Macmillan Education, tenth edition. DOI: https://doi.org/10.1007/978-1-349-15402-9

Husain, Thaha, 1998. Mir’at al-Islam. Mesir: Dar Al-Ma’a’rif. copy: VII.

Ibnu Khaldun, Muqodimah Ibnu Khaldun Sebuah Karya Mega-Fenomenal dari Cendekiawan Muslim Abad Pertengahan. Terj. Ahmad Thoha (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2013, cet. VII).

Ibn Taymiyah. N.Year. Iqtidla’ al-Shirath al-Mustaqim. Dar al-Fikri.

Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia

Lisnawati, Iis. 2008. Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal EDUCARE, Pendidikan dan Budaya Universitas Siliwangi Tasikmalaya. vol 6. No.I.

Madjid, Nurcholish. 2000. Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis Tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemoderenan, Jakarta: Paramadina. copy.IV.

Marat, Samsunuwiyati. 1983. Psikolinguistik. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran.

Munawir, Ahmad Warson, Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia, (Surabaya: Pustaka Progressif, 2020, cetakan ke 15).

Poerwadarminta. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Duta Rakyat.

Abdurrahman Abdul Khaliq. 2008. Cara Cerdas Menghafal Al-Qur’an. Solo: Aqwam, copy.ix.

Sardar, Ziauddin, 2011. Reading the Qur’an The Contemporary Relevance of the Sacred Text of Islam. New York: Oxford University Press.

Shaleh. 2007. Terapi Shalat Tahajud. Jakarta Selatan: Hikmah, copy.iv. Tarigan,

Henry Guntur. 1985. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.

al-Tawwab, Ramadhan Abd. 1987. Fushul fi Fiqh al-Arabiyah. Kairo: Maktabah al-Khaniji, Copy. III.

Team. 1996. Encyclopedia of the Modern Middle East. New York. vol.I. http://azzamaldakhil.com

kemenag.go.id

Wikipedia “Arabic”

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Mahmasoni, M. S. (2023). Efisiensi Hafalan Al-Qur’an dalam Pendidikan Islam di Indonesia sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Usia Dini: (Prespektif Psikolinguistik). Jurnal Penelitian Agama, 24(1), 63–70. https://doi.org/10.24090/jpa.v24i1.2023.pp63-70

Issue

Section

Articles