NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU DONGENG KARAKTER UTAMA ANAK USIA DINI SERI TAAT BERAGAMA

Authors

  • Sumarni sumarni Universitas Negeri Surakarta
  • Musyafa Ali UIN Sunan Kalijaga

Keywords:

Nilai moral, anak usia dini, dongeng

Abstract

Moralitas atau kebiasaan selalu eratkaitannya dengan sikap atau perbuatan yang dilakukan oleh seseorang, perbutan ini erat kaitannya dangan nilai-nilai atau adat yang dipegang oleh masyarakat. Semakin berkembangnya zaman nilai-nilai moral dalam masyarakat juga semakin menurun, hal ini dikarenakan lingkungan dan kebiasaan. Penanaman moral pada seseorang tidak dapat dilakukan secara instan atau dalam waktu singkat, penanaman moral harus dilakukan dan dibiasakan sejak kecil. Salah satu langkah kecil yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menanamkan dan mengajarkan moral pada anak adalah melalui dengan ikebiasaan membacakan atau menceritakan dongeng yang mengandung nilai moral pada anak.             Penelitian ini adalah librarary research, dimana data diperoleh dari kumpulan naskah cerita dongeng dalam buku dongeng karakter utama anak usia dini seri taat beragama, karya Heru Kurniawan dann Umi Khomsiyatun. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai moral anak usia dini dalam buku dongeng karakter utama anak usia dini seri taat beragama.             Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai moral  yang terkandung dalam dongeng karakter utama anak usia dini seri taat beragama  diantaranya yaitu, nilai religius, tolong menolong, berbagi, jujur, tanggung jwab, meminta maaf, cinta antar sesama, disiplin, keja keras, bersahabat, berterimakasih, semangat, menghormati dan mencintai.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Hurlock , E. 1991. Psikologi Perkembangan. Jilid 2. Jakarta : Penerbit Airlangga
Jakarta : Balitbang Depdiknas
Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetep Rohendi Rohidi .Jakarta: UI Press.
Mustika Zed. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia)
Nyoman Kutha Ratna. Teori, Metod e, dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalismhingga Poststrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Otib, S. (2005). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas terbuka.
PUSKUR. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Robert C. Bogdan dan Sari Knoop Biklen. Qualitative Research for Education: an Introduction to Theory and Methods.Boston: Pearson Press.
Sanipah Faisal. 2010. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

sumarni, S., & Ali, M. (2020). NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU DONGENG KARAKTER UTAMA ANAK USIA DINI SERI TAAT BERAGAMA. Jurnal Penelitian Agama, 21(2), 189–199. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/4232

Issue

Section

Articles