NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU DONGENG KARAKTER UTAMA ANAK USIA DINI SERI TAAT BERAGAMA
Keywords:
Nilai moral, anak usia dini, dongengAbstract
Moralitas atau kebiasaan selalu eratkaitannya dengan sikap atau perbuatan yang dilakukan oleh seseorang, perbutan ini erat kaitannya dangan nilai-nilai atau adat yang dipegang oleh masyarakat. Semakin berkembangnya zaman nilai-nilai moral dalam masyarakat juga semakin menurun, hal ini dikarenakan lingkungan dan kebiasaan. Penanaman moral pada seseorang tidak dapat dilakukan secara instan atau dalam waktu singkat, penanaman moral harus dilakukan dan dibiasakan sejak kecil. Salah satu langkah kecil yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menanamkan dan mengajarkan moral pada anak adalah melalui dengan ikebiasaan membacakan atau menceritakan dongeng yang mengandung nilai moral pada anak. Penelitian ini adalah librarary research, dimana data diperoleh dari kumpulan naskah cerita dongeng dalam buku dongeng karakter utama anak usia dini seri taat beragama, karya Heru Kurniawan dann Umi Khomsiyatun. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai moral anak usia dini dalam buku dongeng karakter utama anak usia dini seri taat beragama. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai-nilai moral yang terkandung dalam dongeng karakter utama anak usia dini seri taat beragama diantaranya yaitu, nilai religius, tolong menolong, berbagi, jujur, tanggung jwab, meminta maaf, cinta antar sesama, disiplin, keja keras, bersahabat, berterimakasih, semangat, menghormati dan mencintai.References
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Hurlock , E. 1991. Psikologi Perkembangan. Jilid 2. Jakarta : Penerbit Airlangga
Jakarta : Balitbang Depdiknas
Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetep Rohendi Rohidi .Jakarta: UI Press.
Mustika Zed. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia)
Nyoman Kutha Ratna. Teori, Metod e, dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalismhingga Poststrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Otib, S. (2005). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas terbuka.
PUSKUR. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Robert C. Bogdan dan Sari Knoop Biklen. Qualitative Research for Education: an Introduction to Theory and Methods.Boston: Pearson Press.
Sanipah Faisal. 2010. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.
Hurlock , E. 1991. Psikologi Perkembangan. Jilid 2. Jakarta : Penerbit Airlangga
Jakarta : Balitbang Depdiknas
Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetep Rohendi Rohidi .Jakarta: UI Press.
Mustika Zed. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia)
Nyoman Kutha Ratna. Teori, Metod e, dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalismhingga Poststrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Otib, S. (2005). Metode pengembangan moral dan nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas terbuka.
PUSKUR. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Pendidikan Anak Usia Dini.
Robert C. Bogdan dan Sari Knoop Biklen. Qualitative Research for Education: an Introduction to Theory and Methods.Boston: Pearson Press.
Sanipah Faisal. 2010. Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
2020-11-20
How to Cite
sumarni, S., & Ali, M. (2020). NILAI-NILAI MORAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU DONGENG KARAKTER UTAMA ANAK USIA DINI SERI TAAT BERAGAMA. Jurnal Penelitian Agama, 21(2), 189–199. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/4232
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).