Konsep Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Islam (Menurut Paulo Freire)

Authors

  • Ulfatun Nafisah UIN Saizu Purwokerto
  • Nurfuadi UIN Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v22i2.2021.pp199-212

Keywords:

Pendidikan, Pembebasan, Pemikiran Paulo Freire

Abstract

Pendidikan adalah salah satu usaha untuk mencerdaskan bangsa, sedangkan konsep yang dilakukan oleh Paulo Friere dalam pendidikan lebih menekankan tentang pendidikan pembebasan. Pendidikan Pembebasan Paulo Frier yaitumembebaskan artinya tidak ada belenggu sebagai penghalang ruang gerak manusia. Menjadikan manusia yang seutuhnya. Tidak malah menjadikannya “dehumanisasi” siswa hanya menjadi objek dan guru menjadi subjek. Dalam konsep pendidikan pembebasan ini Paulo Frier menawarkan tiga tiga metode:Metode Hadap Masalah, Metode Humanisasi, Metode konsientisasi. MetodeHadap Masalah yaitu model pendidikan yang memberikan kebebasan penuh bagi peserta didik dalam minat dan bakatnya. Pesertadidik tidak hanya mendapatkan teori semata dari pendidik namun langsung mempraktikannya.

References

Akhmad Muhaimin Azzet, ( 2011)Pendidikan Yang Membebaskan, Yogyakarta,
Ar-Ruz Media.
D. Widiasto, Tonny ( 2004). Pendidikan Manusia Indonesia, Jakarta Buku
Kompas.
Danim, Sudarwan Moh Yamin, ( 2009) Menggugat Pendidikan di Indonesia:
Belajar dari paolo Freire dan Ki Hajar Dewantara, Yogyakarta ArRuz Media
Faizah, dkk. (2017). Psikologi Pendidikan Aplikasi Teori di Indonesia, Malang.
UB Press
Friere, Paulo. (2000). Politik Pendidikan, kebudayaan, kekuasaan dan
pembebasan Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Kementrian Agama RI https://quran.kemenag.go.id/sura/49/10 di akses pada hari
Senin, 28 Desember 2020 jam 15.34
Kementrian Agama RI https://quran.kemenag.go.id/sura/49/10 di akses pada hari
Senin, 28 Desember 2020 jam 15.34
Martono, Nanang (20019). Sekolah Inklusi Sebagai Arena Kekerasan Simbolik.
Murtianingsih, Siti ( 2004). Pendidikan Alat Perlawanan Paulo Friere,
Yogyakarta. Nailil Printika.
Nurfuadzi, M. Rokib (2020) Kepribadian Guru, CV. Cinta Buku Griya Abimana
I/ A1
Nurkholis. (20013) Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal
Kependidikan.
Rahman, Fazlur. (1982). Islam and Modernitas: Tranformation of An
Intellectual Tradition, Chicago and London: Univercity Press.
Robikhah, Aridlah Sendy, (2018) Paradigma Pembebasan Paulo Friere dalam
kontek pendidikan Agama Islam
Smith, Willian A. (2001). Conzienticacao: Tujuan Pendidikan Paulo Friere,
Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sodiqin, Ali (2008). Antropologi Al-Qur’an: Model Dialektika Wahyu dan
Realitas, Yogyakarta ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2021-12-28

How to Cite

Ulfatun Nafisah, & Nurfuadi. (2021). Konsep Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Islam (Menurut Paulo Freire). Jurnal Penelitian Agama, 22(2), 199–212. https://doi.org/10.24090/jpa.v22i2.2021.pp199-212

Issue

Section

Articles