Konsep Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Islam (Menurut Paulo Freire)
DOI:
https://doi.org/10.24090/jpa.v22i2.2021.pp199-212Keywords:
Pendidikan, Pembebasan, Pemikiran Paulo FreireAbstract
Pendidikan adalah salah satu usaha untuk mencerdaskan bangsa, sedangkan konsep yang dilakukan oleh Paulo Friere dalam pendidikan lebih menekankan tentang pendidikan pembebasan. Pendidikan Pembebasan Paulo Frier yaitumembebaskan artinya tidak ada belenggu sebagai penghalang ruang gerak manusia. Menjadikan manusia yang seutuhnya. Tidak malah menjadikannya “dehumanisasi” siswa hanya menjadi objek dan guru menjadi subjek. Dalam konsep pendidikan pembebasan ini Paulo Frier menawarkan tiga tiga metode:Metode Hadap Masalah, Metode Humanisasi, Metode konsientisasi. MetodeHadap Masalah yaitu model pendidikan yang memberikan kebebasan penuh bagi peserta didik dalam minat dan bakatnya. Pesertadidik tidak hanya mendapatkan teori semata dari pendidik namun langsung mempraktikannya.References
Akhmad Muhaimin Azzet, ( 2011)Pendidikan Yang Membebaskan, Yogyakarta,
Ar-Ruz Media.
D. Widiasto, Tonny ( 2004). Pendidikan Manusia Indonesia, Jakarta Buku
Kompas.
Danim, Sudarwan Moh Yamin, ( 2009) Menggugat Pendidikan di Indonesia:
Belajar dari paolo Freire dan Ki Hajar Dewantara, Yogyakarta ArRuz Media
Faizah, dkk. (2017). Psikologi Pendidikan Aplikasi Teori di Indonesia, Malang.
UB Press
Friere, Paulo. (2000). Politik Pendidikan, kebudayaan, kekuasaan dan
pembebasan Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Kementrian Agama RI https://quran.kemenag.go.id/sura/49/10 di akses pada hari
Senin, 28 Desember 2020 jam 15.34
Kementrian Agama RI https://quran.kemenag.go.id/sura/49/10 di akses pada hari
Senin, 28 Desember 2020 jam 15.34
Martono, Nanang (20019). Sekolah Inklusi Sebagai Arena Kekerasan Simbolik.
Murtianingsih, Siti ( 2004). Pendidikan Alat Perlawanan Paulo Friere,
Yogyakarta. Nailil Printika.
Nurfuadzi, M. Rokib (2020) Kepribadian Guru, CV. Cinta Buku Griya Abimana
I/ A1
Nurkholis. (20013) Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal
Kependidikan.
Rahman, Fazlur. (1982). Islam and Modernitas: Tranformation of An
Intellectual Tradition, Chicago and London: Univercity Press.
Robikhah, Aridlah Sendy, (2018) Paradigma Pembebasan Paulo Friere dalam
kontek pendidikan Agama Islam
Smith, Willian A. (2001). Conzienticacao: Tujuan Pendidikan Paulo Friere,
Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sodiqin, Ali (2008). Antropologi Al-Qur’an: Model Dialektika Wahyu dan
Realitas, Yogyakarta ar-Ruzz Media.
Ar-Ruz Media.
D. Widiasto, Tonny ( 2004). Pendidikan Manusia Indonesia, Jakarta Buku
Kompas.
Danim, Sudarwan Moh Yamin, ( 2009) Menggugat Pendidikan di Indonesia:
Belajar dari paolo Freire dan Ki Hajar Dewantara, Yogyakarta ArRuz Media
Faizah, dkk. (2017). Psikologi Pendidikan Aplikasi Teori di Indonesia, Malang.
UB Press
Friere, Paulo. (2000). Politik Pendidikan, kebudayaan, kekuasaan dan
pembebasan Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Kementrian Agama RI https://quran.kemenag.go.id/sura/49/10 di akses pada hari
Senin, 28 Desember 2020 jam 15.34
Kementrian Agama RI https://quran.kemenag.go.id/sura/49/10 di akses pada hari
Senin, 28 Desember 2020 jam 15.34
Martono, Nanang (20019). Sekolah Inklusi Sebagai Arena Kekerasan Simbolik.
Murtianingsih, Siti ( 2004). Pendidikan Alat Perlawanan Paulo Friere,
Yogyakarta. Nailil Printika.
Nurfuadzi, M. Rokib (2020) Kepribadian Guru, CV. Cinta Buku Griya Abimana
I/ A1
Nurkholis. (20013) Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi, Jurnal
Kependidikan.
Rahman, Fazlur. (1982). Islam and Modernitas: Tranformation of An
Intellectual Tradition, Chicago and London: Univercity Press.
Robikhah, Aridlah Sendy, (2018) Paradigma Pembebasan Paulo Friere dalam
kontek pendidikan Agama Islam
Smith, Willian A. (2001). Conzienticacao: Tujuan Pendidikan Paulo Friere,
Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sodiqin, Ali (2008). Antropologi Al-Qur’an: Model Dialektika Wahyu dan
Realitas, Yogyakarta ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
2021-12-28
How to Cite
Ulfatun Nafisah, & Nurfuadi. (2021). Konsep Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Islam (Menurut Paulo Freire). Jurnal Penelitian Agama, 22(2), 199–212. https://doi.org/10.24090/jpa.v22i2.2021.pp199-212
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Ulfatun Nafisah, Nurfuadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).