Penguatan Partisipasi Masyarakat dalam Pembiayaan Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU 1 Teluk Purwokerto Selatan Banyumas
Keywords:
Partisipasi Masyarakat, Pembiayaan Pendidikan, Pandemi Covid-19Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia memberikan dampak terhadap seluruh aspek kehidupan termasuk sektor ekonomi dan pendidikan. Dengan melemahnya sistem ekonomi akan berdampak pula bagi peningkatan kualitas pendidikan. Saat ini sekolah sedang berjuang mempertankan eksistensinya di tengah pandemi. Namun, justru terdapat salah satu sekolah tepatnya MI Ma’arif NU 1 Teluk yang dengan kemampuannya dapat menguatkan partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan pada masa Pandemi Covid-19 khususnya pada jenis pembiayaan capital cost. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap penguatan partisipasi masyakat dalam pembiayaan pendidikan pada masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU 1 Teluk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Triangulasi teknik dan sumber digunakan untuk menguji keabsahan data. Adapun teknis analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data hingga pengimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Ma’arif NU 1 Teluk dalam penyusunan kebijakannya selain melibatkan internal sekolah juga melibatkan pengurus dan komite madrasah sebagai perwakilan dari masyarakat. Adapun penguatan partisipasi masyarakat dilakukan dengan pembangunan jaringan komunikasi dengan stakeholder melalui Institutional Development dan membangun komunikasi antarberbagai potensi lokal dengan cara melibatkan tokoh masyarakat untuk melakukan persuasi kepada masyarakat agar turut berpartisipasi dan mendukung program MI Ma’arif NU 1 Teluk khususnya pada pembiayaan pendidikan.References
Aji, Rizqon Halal Syah Dampak. (2020). Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar’I, 7 (5), 395-402.
Dwiningrum, Siti Irene Astuti. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fahlefi , Rizal, dkk. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perekonomian Masyarakat di Sektor Informal. Jurnal Imara, 4 (2), 159-167.
Fachruddin, dkk. (2010). Administrasi Pendidikan: Menata Pendidikan untuk Kependidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Fattah, Nanang. (2012). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Ferdi. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Aktivitas Ekonomi Masyarakat di Desa Salumpaga, Kecamatan Tolitoli Utara. Geosee Journal, 1 (2), 37-43.
Gelsthorpe, Tony dan John West-Burnham. (2003). Educational Leadership and the Community; Strategies for School Improvement Through Community Engagement. London: Pearson.
Imron, Ali. (2008). Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia: Proses, Produk dan Masa Depannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Kanau, Aliyu A. dan M. J. Haruna. (2013). Towards Promoting Community Participation in Education in Nigeria. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 2 (7), 131-136.
Munawar, Said Agil Husin. “Pendidikan Berbasis Masyarakat Memudar”, Media Indonesia, Jum’at, 11 Januari 2002, dalam Sam M. Chan dan Tuti T. Sam. (2005). Analisis SWOT: Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rahardjo, Mudjia. (2010). Pemikiran Kebijakan Pendidikan Kontemporer. Malang: UIN-Maliki Press.
Sagala, Syaiful. (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Sahidu, Arifudin. (1998). Partisipasi Masyarakat Tani Pengguna Lahan Sawah dalam Pembangunan Pertanian di Daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Disertasi, IPB, 1998).
Sulistyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: elKAF.
Dwiningrum, Siti Irene Astuti. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fahlefi , Rizal, dkk. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perekonomian Masyarakat di Sektor Informal. Jurnal Imara, 4 (2), 159-167.
Fachruddin, dkk. (2010). Administrasi Pendidikan: Menata Pendidikan untuk Kependidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Fattah, Nanang. (2012). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Ferdi. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Aktivitas Ekonomi Masyarakat di Desa Salumpaga, Kecamatan Tolitoli Utara. Geosee Journal, 1 (2), 37-43.
Gelsthorpe, Tony dan John West-Burnham. (2003). Educational Leadership and the Community; Strategies for School Improvement Through Community Engagement. London: Pearson.
Imron, Ali. (2008). Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia: Proses, Produk dan Masa Depannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Kanau, Aliyu A. dan M. J. Haruna. (2013). Towards Promoting Community Participation in Education in Nigeria. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 2 (7), 131-136.
Munawar, Said Agil Husin. “Pendidikan Berbasis Masyarakat Memudar”, Media Indonesia, Jum’at, 11 Januari 2002, dalam Sam M. Chan dan Tuti T. Sam. (2005). Analisis SWOT: Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rahardjo, Mudjia. (2010). Pemikiran Kebijakan Pendidikan Kontemporer. Malang: UIN-Maliki Press.
Sagala, Syaiful. (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Sahidu, Arifudin. (1998). Partisipasi Masyarakat Tani Pengguna Lahan Sawah dalam Pembangunan Pertanian di Daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Disertasi, IPB, 1998).
Sulistyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: elKAF.
Downloads
Published
2022-08-22
How to Cite
Purnomo, S. (2022). Penguatan Partisipasi Masyarakat dalam Pembiayaan Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU 1 Teluk Purwokerto Selatan Banyumas. Jurnal Penelitian Agama, 23(1), 25–60. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/5937
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sutrimo Purnomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).