Penguatan Partisipasi Masyarakat dalam Pembiayaan Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU 1 Teluk Purwokerto Selatan Banyumas

Authors

  • Sutrimo Purnomo

Keywords:

Partisipasi Masyarakat, Pembiayaan Pendidikan, Pandemi Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia memberikan dampak terhadap seluruh aspek kehidupan termasuk sektor ekonomi dan pendidikan. Dengan melemahnya sistem ekonomi akan berdampak pula bagi peningkatan kualitas pendidikan. Saat ini sekolah sedang berjuang mempertankan eksistensinya di tengah pandemi. Namun, justru terdapat salah satu sekolah tepatnya MI Ma’arif NU 1 Teluk yang dengan kemampuannya dapat menguatkan partisipasi masyarakat dalam pembiayaan pendidikan pada masa Pandemi Covid-19 khususnya pada jenis pembiayaan capital cost. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap penguatan partisipasi masyakat dalam pembiayaan pendidikan pada masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU 1 Teluk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Triangulasi teknik dan sumber digunakan untuk menguji keabsahan data. Adapun teknis analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data hingga pengimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Ma’arif NU 1 Teluk  dalam penyusunan kebijakannya selain melibatkan internal sekolah juga melibatkan pengurus dan komite madrasah sebagai perwakilan dari masyarakat. Adapun penguatan partisipasi masyarakat dilakukan dengan pembangunan jaringan komunikasi dengan stakeholder melalui Institutional Development dan membangun komunikasi antarberbagai potensi lokal dengan cara melibatkan tokoh masyarakat untuk melakukan persuasi kepada masyarakat agar turut berpartisipasi dan mendukung program MI Ma’arif NU 1 Teluk khususnya pada pembiayaan pendidikan.  

References

Aji, Rizqon Halal Syah Dampak. (2020). Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar’I, 7 (5), 395-402.
Dwiningrum, Siti Irene Astuti. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fahlefi , Rizal, dkk. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perekonomian Masyarakat di Sektor Informal. Jurnal Imara, 4 (2), 159-167.
Fachruddin, dkk. (2010). Administrasi Pendidikan: Menata Pendidikan untuk Kependidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis.
Fattah, Nanang. (2012). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Ferdi. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Aktivitas Ekonomi Masyarakat di Desa Salumpaga, Kecamatan Tolitoli Utara. Geosee Journal, 1 (2), 37-43.
Gelsthorpe, Tony dan John West-Burnham. (2003). Educational Leadership and the Community; Strategies for School Improvement Through Community Engagement. London: Pearson.
Imron, Ali. (2008). Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia: Proses, Produk dan Masa Depannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Kanau, Aliyu A. dan M. J. Haruna. (2013). Towards Promoting Community Participation in Education in Nigeria. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 2 (7), 131-136.
Munawar, Said Agil Husin. “Pendidikan Berbasis Masyarakat Memudar”, Media Indonesia, Jum’at, 11 Januari 2002, dalam Sam M. Chan dan Tuti T. Sam. (2005). Analisis SWOT: Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rahardjo, Mudjia. (2010). Pemikiran Kebijakan Pendidikan Kontemporer. Malang: UIN-Maliki Press.
Sagala, Syaiful. (2006). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Sahidu, Arifudin. (1998). Partisipasi Masyarakat Tani Pengguna Lahan Sawah dalam Pembangunan Pertanian di Daerah Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Disertasi, IPB, 1998).
Sulistyorini. (2006). Manajemen Pendidikan Islam. Surabaya: elKAF.

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Purnomo, S. (2022). Penguatan Partisipasi Masyarakat dalam Pembiayaan Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Ma’arif NU 1 Teluk Purwokerto Selatan Banyumas. Jurnal Penelitian Agama, 23(1), 25–60. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/5937

Issue

Section

Articles