Gerakan Salafi Alumni Laskar Jihad (Studi Kasus Pondok Pesantren Salafi Al-Manshuroh di Desa Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap)

Penulis

  • Supani Supani STAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v15i2.2014.pp179-193

Kata Kunci:

salafi, alumni laskar jihad, nahdlatul ulama, muhammadiyah, pemerintah

Abstrak

Abstract: This study was aimed at explaining 1) the movement pattern of LaskarJihad Alumni in Mujur, Disctrict of Kroya, Cilacap Regency, 2) its development, and3) social respond in the district. This is a field research using a qualitative approach.Data were collected through observations and interviews. The findings of this researchare as follows. 1) The movement of Laskar Jihad alumni in Mujur, Disctrict of Kroya,Cilacap Regency converts itself from its nature as a Jihad-oriented movement (inconflict area of Ambon and Poso) to an education-oriented movement. 2) There aresome different social responds to this movement, i.e. [a] some people give neutralrespond to this movement and do not feel bothered with the existence of thismovement, but they do not give any support to it; [b] some people give positiverespond, do not feel bothered, and support the movement; [c] some people givenegative respond to it, feel bothered and feel disturbed by this movement. Thevariety of responds depends on whether the existence of this movement will giveadvantage, disadvantage, even threat to each group of society. 3) Local governmentof Kroya District gives a neutral respond to this movement and other religiousmovement existing in the district. The local government expects all religiousmovement to respect one another, including the previously existing religiousmovements such as NU and Muhammadiyah.Keywords: Salafi, Laskar Jihad alumnae, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah,government. Abstrak: Penelitian ini menemukan bahwa pertama gerakan salafi alumnilaskar jihad di Desa Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap mengalamipergeseran dari pola gerakan jihadi (gerakan “jihad†di wilayah konflik, Ambondan Poso) menjadi pola gerakan yang berorientasi pada pendidikan. Kedua,respons masyarakat terhadap gerakan salafi beragam, yaitu: [1] ada kelompokmasyarakat yang merespon dengan sikap netral, mereka tidak merasa terganggudengan keberadaan gerakan salafi, tetapi mereka juga tidak mendukung gerakantersebut, [2] ada kelompok masyarakat yang merespon dengan positif, merekamerasa tidak terganggu dan mendukung keberadaan gerakan salafi, [3] adakelompok masyarakat yang merespon dengan negatif, mereka merasa tergangguatau dirugikan dengan keberadaan gerakan salafi. Respon masyarakat yangberagam tersebut terkait dengan apakah keberadaan gerakan salafi mengancam, merugikan, atau menguntungkan bagi keberlangsungan kelompok masyarakattertentu. Ketiga, pemerintah Kecamatan Kroya pada posisi netral dalam meresponberbagai respon yang beragam terhadap keberadaan gerakan salafi alumni laskarjihad di Desa Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Yang terpenting bagipemerintah bahwa berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh fahamkeagamaan yang ada tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang ada.Namun demikian, untuk menciptakan kehidupan beragama yang harmonis,pemerintah menghimbau kepada seluruh faham/ organisasi keagamaan yangada di wilayah Kroya agar saling menghormati satu sama lain, lebih khusus kepadafaham keagamaan yang baru (seperti salafi) agar lebih menghormati organisasikeagamaan yang telah lama ada di wilayah Kroya (seperti Nahdlatul Ulama danMuhammadiyah).Kata kunci: Salafi, alumni laskar jihad, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah,dan pemerintah.

Referensi

Abdullah, Amin, dkk. 2006. Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan Multi
Disipliner. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga.
Ahmad, Haidlor Ali. 2008. “Studi Gerakan Keagamaan Salafi di Kota Batam”,
Jurnal Harmoni, volume VII, nomor 25 Januari-Maret 2008.
Amiruddin dan Asikin, Zainal. 2006. Pengantar Metodologi Penelitian Hukum,
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Algar, Hamid. 2008. Wahhabisme Sebuah Tinjauan Kritis. Jakarta: Paramadina.
Emzir. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hiariej, Eric. 2010. “Aksi dan Identitas Kolektif Gerakan Islam Radikal di
Indonesia”, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JSP), volume 14, Nomor 2,
November 2010.
Idahram, Syaikh. 2011. Sejarah Berdarah Sekte Salafi Wahabi: Mereka Membunuh
Semuanya, Termasuk Para Ulama. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
——————. 2011. Ulama Sejagad Menggugat Salafi-Wahabi. Yogyakarta:
Pustaka Pesantren.
Jamhari dan Jahroni, Jajang (Penyunting). 2004. Gerakan Salafi Radikal di
Indonesia. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Kecamatan Kroya dalam angka 2013.
Manzhur, Abu al-Fadl Muhammad Ibnu. Qamus Lisan al-’Arab. Beirut,
Lebanon: Dar al-Shadr, 1410 H.
Mirsel, Robert. 2004. Teori Pergerakan Sosial. Yogyakarta: INSIST Press.
Monografi Kecamatan Kroya 2013.
Muhadjir, Noeng. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi IV, Yogyakarta:
Rake Sarasin.
Ng., Al-Zastro. 2006. Gerakan Islam Simbolik Simbolik: Politik Kepentingan
FPI. Yogyakarta: LKiS.
O’dea, Thomas F. 1996. Sosiologi Agama: Suatu Pengenalan Awal, Jakarta: PT.
RajaGrafindo Persada.
Soehadha, Moh. 2008. Metodologi Penelitian Sosiologi Agama (Kualitatif),
Yogyakarta: Penerbit Teras.
Schwartz, Stephen Sulaiman. 2007. Dua Wajah Islam: Moderatisme vs
Fundamentalisme dalam Wacana Global, Terj. Hodri Arief. t.tp.: Blantika
bekerja sama dengan LibForAll Foundation, The Wahid Institute, dan
Center for Islamic Pluralism.
Wahyudi, K. Yudian. 2009. Gerakan Wahabi di Indonesia (Dialog dan kritik),
Yogyakarta: Pesantren Nawasea Press.
Majalah dan Dokumen-dokumen:
Majalah NU “Aulia”, edisi Rajab-Sya’ban 1435 H / Mei 2014 M.
Majalah Fiqih Islami Fawaid. Nomor 01 volume 01/Sya’ban-Ramadhan 1434
H/ Juli-Agustus 2013.
Majalah Fiqih Islami Fawaid. Nomor 02 volume 01/Dzulqa’dah-Dzulhijjah 1434
H/ September-Oktober 2013.
Majalah Fikih Islam Fawaid. Nomor 03 volume 01/Muharram-Safar 1434 H/
Nopember-Desember 2013.
Majalah Fikih Islam Fawaid. Nomor 04 volume 01/Rabi’ul awal-rabi’ul tsani
1435 H/ Pebruari-Maret 2014.
Susunan Pengurus Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Al-Manshuroh Mujur
Tahun Pembelajaran 1434-1435. Dokumen Pondok Al-Manshuroh.
Jenjang pendidikan dan cakupan materi. Dokumen Pondok Tahfidzul Qur’an
Al-Manshuroh Mujur.
Brosur penerimaan thullab (santri) baru tahun 1434-1453 H Pondok Tahfidzul
Qur’an Al-Manshuroh Mujur.
Sumber Data Wawancara:
Wawancara dengan Abu Ibrohim, di lingkungan Pondok Pesantren Salafi Al-
Manshuroh Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap pada 30 Januari
2014.
Wawancara dengan H. Solehan (Haji Lehan), pada 30 Januari 2014.
Wawancara dengan KH. Wahib Asy’ari, Musytasyar MWC NU Kecamatan Kroya
pada 5 Februari 2014.
Wawancara / diskusi dengan Muchtamil, salah satu pengurus Tanfidziyah
MWC NU Kecamatan Kroya dari kalangan muda, pada 31 Januari 2014.
Wawancara dengan ibu Hilal dan suaminya –mereka adalah anggota Islam
Salafi- pada 31 Januari 2014.
Wawancara dengan Fatkhuddin, Ketua Tanfidz Majelis Wakil Cabang (MWC)
NU Kecamatan Kroya, pada 23 Mei 2014.
Wawancara dengan K.H. Su’ada Adzkiya, Roisy Syuriah PCNU Kabupaten
Cilacap pada 30 Mei 2014.
Wawancara dengan KH. Wahib Asy’ari, Musytasyar MWC NU Kecamatan Kroya,
pada 5 Februari 2014.
Wawancara dengan Ibnu Tamyiz, S.Ag., ketua PAC GP Ansor Kecamatan Kroya
pada 23 Mei 2014.
Wawancara dengan Drs. Mudzofir, Ketua Muhammadiyah Cabang Kroya,
pada 19 Juni 2014.
Wawancara dengan Fajariyanto, S.Pdi –ketua pemuda Muhammadiyah
Kecamatan Kroya periode 2011-2014- pada 23 Juni 2014.
Wawancara dengan Sawud Afriyanto, MM –seorang tokoh Muhammadiyah
yang juga menjabat sebagai kepala SMK Muhammadiyah Mujur, Kroyapada
23 Juni 2014.
Wawancara dengan Camat Kroya Drs. Muhamad Najib, Msi pada 28 Juni
2014.
Sumber Data Internet:
Ali, As’ad Said, “Gerakan Salafi di Indonesia” (http://www.nu.or.id/a,publicm,
dinamic-s,detail-ids,4-id,32743-lang,id-c,kolom-t,Memahami+Hakikat+
Dzikir-.phpx. Kamis, 30/06/2011 08:56. Diakses pada 31 Januari 2014).
http://salafi-indon-kw13.blogspot.com/2012/04/sejarah-konflik-salafi-diindonesia.
html, diakses pada 20 Juni 2014.
http://salafy-indon-kw13.blogspot.com/2012/04/sejarah-konflik-salafy-diindonesia.
html, diakses pada tanggal 22 Juni 2014.
Acara Radio Salafi FM:
Acara kajian ilmiyah islamiyah pada Rabu, 19 Maret 2014, pukul 08.00-09.00
WIB di radio Salafi FM, pengajian hadis.
Acara kajian ilmiyah islamiyah pada Selasa, 25 Maret 2014, pukul 15.00-16.00
WIB di radio Salafi FM.
Acara pengajian umum pada sabtu pagi, 5 April 2014 pukul 05.00-06.00 WIB di
radio Salafi FM.

Diterbitkan

2014-12-26

Cara Mengutip

Supani, S. (2014). Gerakan Salafi Alumni Laskar Jihad (Studi Kasus Pondok Pesantren Salafi Al-Manshuroh di Desa Mujur Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap). Jurnal Penelitian Agama, 15(2), 179–193. https://doi.org/10.24090/jpa.v15i2.2014.pp179-193

Terbitan

Bagian

Articles