IMPLEMENTASI STRATEGIS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR’AN
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4185Kata Kunci:
Manajemen Sumber Daya Manusia, Al Qur’an dan HaditsAbstrak
Indonesia diprediksikan mengalami bonus demografi antara tahun 2015 sampai 2035. Dengan melimpahnya sumber daya manusia yang produktif, lembaga pendidikan islam harus siap memanajemen sumber daya manusianya dengan strategi yang tepat untuk diimplementasikan. Manajemen sumber daya manusi perspektif al-qur’an merupakan pilihan tepat dalam suatu lembaga pendidikan islam, dan manajemen ini telah diimplementasikan pada sekolah-sekolah islam terpadu. Pada penelitian ini akan diambil studi kasus pada SDIT Insan Cendekia Boyolali yang dianggap baik dalam implementasi manajemen sumber daya manusianya. Implementasi yang dilakukan oleh SDIT Insan Cendekia Boyolali mulai dari empat komponen manajemen, yaitu: 1) Planning, 2) Organizing, 3) Controlling, 4) Actuating telah mengimplementasikan manajemen perspektif Al-Qur’an. Begitu juga dalam pelaksanaan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusianya, yaitu: 1)Prinsip Tauhid, 2) Prinsip keadilan dan kesejahteraan, 3) Prinsip musyawarah, 4) Prinsip efisiensi, efektivitas, dan produktivitas, 5) Prinsip disiplin, integritas, dan loyalitas, 6) Prinsip pembagian wewenang dan tanggung jawab, 7) Prinsip Ukhuwah. Masih ada beberapa kekurangan dalam pelaksnaannya, namun hasilnya sudah dapat dirasakan oleh para pendidik di sekolah tersebut.Unduhan
Referensi
Astuti, Efi Tri. (2019). Prinsip Manajemen Tenaga Kependidikan Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan. 4(1), 128-145. https://doi.org/10.25217/ji.v4i1.465
Falikhah, Nur. (2017). Bonus Demografi Peluang Dan Tantangan Bagi Indonesia. Jurnal Alhadharah: Ilmu Dakwah. 16(32), 1-12. http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v16i32.1992
Hartani, A. L. (2011). Manajemen Pendidikan (S. Purba, Ed.). (http://digilib.unimed.ac.id/1614/)
Ikhwan, A. (2016). Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam (Kajian Tematik Al-Qur’an dan Hadits). Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 128–155.
Kamuli, S. (2012). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Produktivitas Kerja Pegawai di Sekretariat Daerah Kota Gorontalo. Jurnal Inovasi. 9(1), 1-8.
Laili, Syarifah. (2016). Studi Analisis Ayat-Ayat Ukhuwah dalam Tafsir Al-Mishbah Karya Quraish Shihab. Tesis, Fakultas Ushuluddin. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Muhab, Suko, et al. (2017). Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: JSIT Indonesia.
Pratiwi, Umi. (2014). Integrasi Pendidikan Agama-Sains Berbasis Eksperimental Untuk Membentuk Character Building Mahasiswa. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. 19(2), 359-384. https://doi.org/10.24090/insania.v19i2.720
Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA. 8(1), 28–37.
Salam, A. (2014). Manajemen Insani Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setiawan, A. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji. Dinamika Ilmu. 14(1), 1–12. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.4
Suti, M. (2011). Strategi peningkatan mutu di era otonomi pendidikan. Jurnal Medtek, 3(2), 1–6.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).