Sumbangsih Pondok Pesantren Al-Amin Rejomulyo Kota Kediri Jawa Timur pada Masyarakat Pelajar di Sekitarnya

Authors

  • Syamsul Huda STAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp163-178

Keywords:

pesantren, sumbangsih, pendidikan, fasilitas

Abstract

Abstract: The role of boarding schools is needed by the community. Astraditional social institutions, Pesantren Al-Amin has a very wide influence androoted to the people around him, especially in the village of Rejomulyo Kediri.Contribution in the form of boarding facilities and Islamic education to the communityenvironment. Results from this study are: (1). Activities and education in Al-Aminboarding school Rejomulyo Kediri is madrasah diniyah, al-Qur'an, al-Hadith, Tafsir,Akhlaq, Tawheed, Fiqh, Sufism, Nahwu, Shorof, and others, as well as other religiousactivities. (2). Facilities provided Pondok Pesantren al-Amin to the students in thesurrounding communities are free of charge for the students Rejomulyo Villageresidents, Hot spot areas, bulletin boards, social activities, and other intellectualactivities, as well as living facilities.Keywords: boarding school, Contribution, Education, Facility. Abstrak: Peran pondok pesantren sangat dibutuhkan kehadirannya olehmasyarakat. Sebagai lembaga sosial tradisional, Pesantren Al-Amin mempunyaipengaruh yang sangat luas dan mengakar kepada masyarakat yang ada disekitarnya, khususnya di lingkungan Desa Rejomulyo Kota Kediri. Sumbangsihpondok pesantren dewasa ini sudah sampai ke dalam ranah fasilitas, danpendidikan agama Islam kepada masyarakat lingkungannya. Hasil dari penelitianini adalah: (1). Kegiatan dan pendidikan yang ada di pondok pesantren Al-AminRejomulyo Kota Kediri adalah madrasah diniyah, dengan mengkaji al-Qur’an, al-Hadis, Tafsir, Akhlaq, Tauhid, Fiqih, Tasawuf, Nahwu, Shorof, dan yang lain, sertakegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. (2). Fasilitas yang diberikan PondokPesantren al-Amin terhadap masyarakat pelajar di sekitarnya adalah biaya gratisbagi para santri kalong warga Kelurahan Rejomulyo, Hot spot Area, Mading,Kegiatan sosial, dan kegiatan intelek yang lainnya, juga tidak ketinggalan adalahfasilitas tinggal.Kata Kunci: Pesantren, Sumbangsih, Pendidikan, Fasilitas.

References

Arifin, Muhammad. 1995. Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum. Jakarta:
Bumi Aksara.
Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu Penddidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.
Barizi, Ahmad. 2011. Pendidikan Integratif Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan
Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University
Press.
DEPAG RI. 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan
dan Perkembangannya. Jakarta: Dirjen Binbaga Islam.
Dhofier, Zamakhsyari. 1985. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup
Kyai. Jakarta: LP3ES.
———————. 1994. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.
Fatah, Rohadi Abdul dkk. 2005. Rekontruksi Pesantren Masa Depan. Jakarta
Utara: PT. Listafariska Putra.
Furchan, Arief dan Agus Maimun. 2005. Studi Tokoh. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Ghazali, Bahri M. 2002. Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: CV.
Prasasti.
Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Maliki, Zainuddin. 2008. Sosiologi pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada
University.
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
—————, “Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren”, dalam Anis Humaidi,
“Transformasi Sistem Pendidikan: Studi Kasus Unit Pondok Pesantren Salafy
Al-Risalah di Lingkungan Pondok Pesantren Induk Lirboyo Kediri Jawa
Timur)” Disertasi. Program Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2011.
Mastuki, M. Ishom. 2006. Intelektualisme Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
Maunah, Binti. 2009. Tradisi Intelektual Santri. Yogyakarta: TERAS.
Mua’awanah. 2009. Manajemen Pesantren Mahasiswa UIN Malang. Kediri:
STAIN Press.
Muhtarom M. 2005. Reproduksi Ulama di Era Global. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Mulyana, Dedy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosda Karya.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Nawawi, Haidar dan Mimi Martini. 1996. Penelitian Terapan. Yogyakarta:
Gajah Mada University Press.
Putra Daulay, Haidar. 2007. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan
Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Qomar, Mujammil. 2009. Pesantren dari Transformasi Metodologi menuju
Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Raharjo, M. Dawam (Editor). 1988. Pesantren dan Pembaharuan. Jakarta:
LP3ES.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suismanto. 2004. Menelusuri Jejak Pesantren. Yogyakarta: Alief Press.
Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, Strategi dan
Aplikasi. Yogyakarta: TERAS.
Tauhied, Abu. 1990. Beberapa Aspek Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fakultas
Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga.
Tualeka, Hamzah. Zn,”Tipologi Pondok Pesantren”, Sunan Ampel (online), ttp/
/www.sunan_ampel.ac.id/604/1.pdf diakses tgl 15 Nopember 2014.
Ubaedillah, Ahmad et al. 2008. Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat
Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Umar Tirtohardja, La Sula. 2000. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003.
Usman, Jusaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2003. Metodologi Penelitian Sosial.
Jakarta: Bumi Aksara.
Wahid, Abdurrahman. 2010. Menggerakkan Tradisi: Esai-esai Pesantren. Yogyakarta:
LKiS.
Zaini, A. Wahid. 1999. “Orientasi Pondok Pesantren Tradisional dalam Masyarakat
Indonesia”, dalam M. Nadem Zuhdi et al. (ed.) Tarekat, Pesantren, dan
Budaya Lokal. Surabaya: Sunan Ampel Press.

Downloads

Published

2014-06-20

How to Cite

Huda, S. (2014). Sumbangsih Pondok Pesantren Al-Amin Rejomulyo Kota Kediri Jawa Timur pada Masyarakat Pelajar di Sekitarnya. Jurnal Penelitian Agama, 15(1), 163–178. https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp163-178

Issue

Section

Articles