PENANAMAN NILAI INTI PENDIDIKAN KARAKTER BERLANDASKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH
Keywords:
Penanaman Nilai, Pendidikan Karakter, PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai inti pendidikan karakter berbasis Pancasila untuk membentuk peserta didik sebagai generasi muda yang baik, cerdas, dan cinta tanah air. Penelitian ini termasuk dalam library research, sehingga sumber data yang digunakan merupakan data kepustakaan, baik berupa jurnal, buku, maupun majalah. Dalam hal ini ada dua jenis sumber data yang digunakan, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah sumber data yang terkait langsung dengan tema. Sementara sumber data sekunder adalah sumber data pendukung tema yang berasal dari berbagai kajian. Hasil analisis menunjukkan bahwa penanaman nilai inti pendidikan karakter berbasis Pancasila kepada peserta didik di sekolah sangat penting untuk dilaksanakan, sebab mengandung nilai karakter religius, peduli sosial, kemandirian, semangat kebangsaan, demokratis, toleransi, dan disiplin. Penanaman nilai inti pendidikan karakter berbasis Pancasila terhadap peserta didik di sekolah dilakukan melalui proses belajar mengajar.References
Angkasa, kingkin T. (2010) Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila, Kompas, https://amp.kompas.com/edukasi/read/2010/12/06/11371340/pendidikan.karakter.berbasis.pancasila.
Dharma Kesuma, D. (2011) Pendidikan Karakte:Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dianasari, D. (2018) ‘Penanaman Karakter Siswa Melalui Transfer Nilai-nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran Budi Pekerti’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon 2018, (April), pp. 181–192.
Disdik Pemuda dan Olahraga (2016) Pengertian Ideologi, https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/artikel-pengertian-ideologi-35.
Gifari, A. (2018) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Nasionalisme di Lingkungan Sekolah Islam’, Juridiksiam Jurnal Pendidikan Sosial dan Keberagaman Universitas Mataram, (1).
Gunawan, H. (2012) Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, I. (2012) ‘Pendidikan karakter di Tingkat Sekolah Dasar Meretas Sekolah Humanis Untuk Mendesain Siswa Sekolah Dasar (SD) yang Cerdas dan Berkarakter’, Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers.
Kemendikbud (2017) Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.
Latif, Y. (2017) Pancasila Untuk Dunia. Jakarta: PT. Enka Parahiyangan.
Muslimatun (2015) Implemantasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah kelas xi iis di sma islam sudirman ambarawa tahun ajaran 2014/2015.
Ngainun Naim (2012) Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Novan Ardy Wiyani (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Takwa. Yogyakarta: Teras.
Octavian, W. A. (2019) ‘UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN NILAI PANCASILA TERHADAP SISWA MELALUI KEGIATAN PENYULUHAN’, 6(2), pp. 199–207.
Purwadarminta, W. (1984) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Santoso (2017) ‘Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD Pada Era Globalisasi’, Prosiding Seminar Nasional: Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi unggul dan Berbudi Pekerti, pp. 164–170.
Saprul, D. (no date) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di SMA Negeri 4 Palu’, pp. 1–15.
Soejadi, K. R. (1994) Filsafat, Ideologi dan Wawasan Bangsa Indonesia. Jogjakarta: Universitas Atma Jaya.
Sulistyarini (2015) ‘Pengembangan karakter berbasis pancasila melalui pendidikan kewarganegaraan’, Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), pp. 1–8.
Sutarjo Adisusilo (2012a) Pembelajaran Nilai – Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sutarjo Adisusilo (2012b) Pembelajaran Nilai Karakter. Bandung: Rajawali Press.
Wafi, M. S. (2019) Pembelajaran Karakter Berbasis Pancasila, https://analisadaily.com/berita/arsip/2019/5/20/739597/pembelajaran-karakter-berbasis-pancasila/.
Wibowo, A. (2012) Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widiantari, D. (2017) ‘CORE ETHICAL VALUES PENDIDIKAN KARAKTER (Berbasis Falsafah Negara)’, MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 2(2), pp. 21–38. Available at: http://pps.iiq.ac.id/jurnal/index.php/MISYKAT/article/view/3.
Yusuf, H. (2013) Dasar-Dasar Aksiologis Pembukaan UUD 1945 Dalam Perspektif Filsafat Politik Islam. Bandar Lampung: An-Nur Pres.
Dharma Kesuma, D. (2011) Pendidikan Karakte:Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dianasari, D. (2018) ‘Penanaman Karakter Siswa Melalui Transfer Nilai-nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran Budi Pekerti’, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon 2018, (April), pp. 181–192.
Disdik Pemuda dan Olahraga (2016) Pengertian Ideologi, https://bulelengkab.go.id/detail/artikel/artikel-pengertian-ideologi-35.
Gifari, A. (2018) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Nasionalisme di Lingkungan Sekolah Islam’, Juridiksiam Jurnal Pendidikan Sosial dan Keberagaman Universitas Mataram, (1).
Gunawan, H. (2012) Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, I. (2012) ‘Pendidikan karakter di Tingkat Sekolah Dasar Meretas Sekolah Humanis Untuk Mendesain Siswa Sekolah Dasar (SD) yang Cerdas dan Berkarakter’, Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers.
Kemendikbud (2017) Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional.
Latif, Y. (2017) Pancasila Untuk Dunia. Jakarta: PT. Enka Parahiyangan.
Muslimatun (2015) Implemantasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah kelas xi iis di sma islam sudirman ambarawa tahun ajaran 2014/2015.
Ngainun Naim (2012) Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Novan Ardy Wiyani (2012) Pendidikan Karakter Berbasis Iman Dan Takwa. Yogyakarta: Teras.
Octavian, W. A. (2019) ‘UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN NILAI PANCASILA TERHADAP SISWA MELALUI KEGIATAN PENYULUHAN’, 6(2), pp. 199–207.
Purwadarminta, W. (1984) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Santoso (2017) ‘Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD Pada Era Globalisasi’, Prosiding Seminar Nasional: Aktualisasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Menyiapkan Generasi unggul dan Berbudi Pekerti, pp. 164–170.
Saprul, D. (no date) ‘Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di SMA Negeri 4 Palu’, pp. 1–15.
Soejadi, K. R. (1994) Filsafat, Ideologi dan Wawasan Bangsa Indonesia. Jogjakarta: Universitas Atma Jaya.
Sulistyarini (2015) ‘Pengembangan karakter berbasis pancasila melalui pendidikan kewarganegaraan’, Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), pp. 1–8.
Sutarjo Adisusilo (2012a) Pembelajaran Nilai – Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sutarjo Adisusilo (2012b) Pembelajaran Nilai Karakter. Bandung: Rajawali Press.
Wafi, M. S. (2019) Pembelajaran Karakter Berbasis Pancasila, https://analisadaily.com/berita/arsip/2019/5/20/739597/pembelajaran-karakter-berbasis-pancasila/.
Wibowo, A. (2012) Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widiantari, D. (2017) ‘CORE ETHICAL VALUES PENDIDIKAN KARAKTER (Berbasis Falsafah Negara)’, MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 2(2), pp. 21–38. Available at: http://pps.iiq.ac.id/jurnal/index.php/MISYKAT/article/view/3.
Yusuf, H. (2013) Dasar-Dasar Aksiologis Pembukaan UUD 1945 Dalam Perspektif Filsafat Politik Islam. Bandar Lampung: An-Nur Pres.
Downloads
Published
2020-06-30
How to Cite
Ismail, S. (2020). PENANAMAN NILAI INTI PENDIDIKAN KARAKTER BERLANDASKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH. Jurnal Penelitian Agama, 21(1), 157–172. Retrieved from https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/3856
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).