Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Etika Sosial (Telaah Pemikiran A. Qodri A. Azizy

Authors

  • Afif Muhammad STAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp1-25

Keywords:

pendidikan agama islam, etika sosial

Abstract

Abstract: This study is aimed at knowing 1) how Islamic Education developssocial ethics according to A. Qodri A. Azizy and 2) how Islamic Education developssocial ethics in according to A. Qodri A. Azizy in the present implementation ofIslamic education. This is a literary study in which data were gained from books andarticles written by A. Qodri A. Azizy, especially those related to Islamic education.Data were analyzed with qualitative method. This research found that there arethree main points that are transferred by Islamic education, i.e. values, knowledge,and skills. In relation to social ethics, Islamic education emphasizes that Islamprincipally teaches social moral values in regards with the relationship among humanbeing. The main points of materials in Islamic education include belief (aqidah),worship (syari’ah), and moral (akhlak). With the materials, Islamic education isoriented to social values.Keywords: Islamic education, social ethics, A. Qodri A. Azizy. Abstrak: Hasil penelitian ini menunjukkan ada tiga hal penting yang akanditransfer melalui pendidikan Agama Islam, yaitu nilai (values), pengetahuan(knowledge), dan keterampilan (skills). Kaitannya dengan etika sosial, terletakpada penekanan terpenting dari ajaran Islam yang pada dasarnya adalah hubungansesama manusia yang sarat dengan nilai-nilai yang berkaitan dengan moralitassosial. Inti materi PAI meliputi; keimanan (akidah), keislaman (syari’ah), dan ikhsan(akhlak). Tiga ajaran inti ini kemudian dijabarkan dalam bentuk rukun Iman, rukunIslam, dan Akhlak; dan beberapa keilmuan: ilmu tauhid, ilmu fiqh dan ilmu akhlak.Berdasarkan materi-materi tersebut, PAI berorientasi pada nilai-nilai sosial kemasyarakatan.Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam dan Etika Sosial.

References

Ahmad, Beni Saebani & hamid Abdul. 2010. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka
Setia.
Amin, Ahmad. 1993. Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: Bulan Mas.
Arifin, Muzayyin. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Al Barasy, M. Athiyah. 1993. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta:
Bulan Bintang.
Badarudin, Kemas. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badudu & Zain Moh. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka
Sinar Harapan.
Darajat, Zakiyah. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Depag. 2005. Al-Qur'an dan Terjemah. Jakarta: Kathoda.
Djatnika Rachmat. 1992. Sistem Etika Islam (Akhlak Mulia). Jakarta: Pustaka
Panji Mas.
Fakhry Majid. 1996. Etika dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka pelajar Offset.
Furchan Arief. 2004. Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta:
Gama Media.
Hadi Amirul & Haryono, H. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:
Pustaka Setia.
Http://skriptakomputer.blogdetik.com/2011/05/01/Segera Terbit Biografi
Profesor Qodri Azizy.
Ilyas, Yunahar. 2001. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: LPPI.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosda Karya.
Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Noer, Hery Aly & S. Munzier. 2000. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska
Agung Insani.
Qodri Azizy. 1999. “Al-Qur'an dan Pluralisme”, Profetika: Jurnal Studi Islam.
Program Magister Studi Islam, USM Surakarta Vol. 1 Januari 1999.
________________. 2000. Islam dan Permasalahan Sosial; Mencari Jalan Keluar.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
________________. 2000. Demokrasi dan Demilitarisasi; Wacana dan Pergulatan
di Pesantren. Jakarta: P3M.
________________. 2001. “Dakwah Islam di Tengah-Tengah Pluralitas Agama”,
dalam Agus Wahyu T, dkk., Dakwah Islam Antara Normatif dan Kontekstual,
Semarang: Fakultas Dakwah IAIN Walisongo.
________________. 2003. Melawan Globalisasi –Reinterpretasi Ajaran Islam;
Persiapan SDM dan Terciptanya Masyarakat Madani, Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Pribumi; Mendialogkan Agama Membaca
Realitas. Jakarta: Erlangga.
Razak, Nasarudin. 1987. Dienul Islam. Bandung: Alma’arif.
Siradj, Said Agiel. 1997. Ahlussunah wal Jama’ah dalam Lintas Sejarah.
Yogyakarta: LKPSM.
Salam, Burhanudin. 2000. Etika Individual; Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta:
Rineka Cipta.
Shihab, Quraish. 1994. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.
Sudjana, Nana & Ibrahim. 2009. Penelitian dan penilaian Pendidikan. Bandung:
Sinar Baru Algesindo.
Tamyiz, Burhanuddin. 2001. Akhlak Pesantren; Pandangan KH. Hasyim Asy’ari.
Yogyakarta: Ittaqa Press.
Tobroni. 2008. Pendidikan Islam. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.
Uhbiyati, Nur & Ahmadi Abu. 1997. Ilmu Pendidikan Islam (IPI). Bandung:
Pustaka Setia.
Undang-Undang RI No. 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta:
Sinar Grafika.
Wahid, Abdurrahman. 1999. “Islam dan Masyarakat Bangsa”, disunting dari
Umaruddin Masdar, Membaca Pemikiran Gus Dur dan Amin Rais tentang
Demokrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yatimin, Abdullah M. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur'an. Jakarta:
Amzah.
Zubaidi. 2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pendekatan Ilmu-ilmu Sosial untuk Kajian Islam. 2000. Sebuah Over View
(Mencari Islam, Studi Islam dengan Bebagai Pendekatan).Yogyakarta: Tiara
Wacana.

Downloads

Published

2014-06-20

How to Cite

Muhammad, A. (2014). Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Etika Sosial (Telaah Pemikiran A. Qodri A. Azizy. Jurnal Penelitian Agama, 15(1), 1–25. https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp1-25

Issue

Section

Articles