Lembaga Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1474Abstrak
Abstrak: Pendidikan dan perubahan sosial saling mempengaruhi, sehingga berdampak luas di masyarakat.Pendidikan adalah lembaga yang dapat dijadikan sebagai agen perubahan sosial dan sekaligus menentukan arah perubahan sosial.Perubahan sosial adalah hal yang niscaya terjadi, cepat atau lambat, perubahan yang bersifat positif atau negatif atau perubahan lainnya. Perubahan adalah sesuatu yang patut kita syukuri sekaligus kita waspadai karena perubahan yang bersifat positif akan berdampak memberikan kemajuan dan kesejahteraan bagi umat manusia, sedangkan perubahan negatif justru sebaliknya, yakni menghancurkan peradaban manusia. Lembaga pendidikan Islam harus bersikap waspada terhadap efek negatif dari perubahan sosial.Jangan sampai lembaga pendidikan tidak siap lalu mengorbankan para peserta didiknya.Kemajuan teknologi yang diusung oleh peradaban manusia kontemporer, maka harus dikuasai oleh para stakeholder lembaga pendidikan. Tulisan ini akan membahas mengenai respon lembaga pendidikan Islam terhadap perubahan sosial. Kata kunci : lembaga, pendidikan, Islam, perubahan, sosial.Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).