Lembaga Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial

Penulis

  • Bambang Sucipto STAINU Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1474

Abstrak

Abstrak:  Pendidikan dan perubahan sosial saling mempengaruhi, sehingga berdampak luas di masyarakat.Pendidikan adalah lembaga yang dapat dijadikan sebagai agen perubahan sosial dan sekaligus menentukan arah perubahan sosial.Perubahan sosial adalah hal yang niscaya terjadi, cepat atau lambat, perubahan yang bersifat positif atau negatif atau perubahan lainnya. Perubahan adalah sesuatu yang patut kita syukuri sekaligus kita waspadai karena perubahan yang bersifat positif akan berdampak memberikan kemajuan dan kesejahteraan bagi umat manusia, sedangkan perubahan negatif justru sebaliknya, yakni menghancurkan peradaban manusia. Lembaga pendidikan Islam harus bersikap waspada terhadap efek negatif dari perubahan sosial.Jangan sampai lembaga pendidikan tidak siap lalu mengorbankan para peserta didiknya.Kemajuan teknologi yang diusung oleh peradaban manusia kontemporer, maka harus dikuasai oleh para stakeholder lembaga pendidikan. Tulisan ini akan membahas mengenai respon lembaga pendidikan Islam terhadap perubahan sosial. Kata kunci : lembaga, pendidikan, Islam, perubahan, sosial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2013-12-15

Cara Mengutip

Sucipto, B. (2013). Lembaga Pendidikan Islam dan Perubahan Sosial. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(3), 483–501. https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1474

Terbitan

Bagian

Articles