Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1469Abstrak
Abstrak: Pendidikan karakter kini memang tengah menjadi isu utama pendidikan di Indonesia saat ini. Selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak, pendidikan karakter ini pun diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam membentuk pribadi generasi yang berkualitas dan bertanggungjawab. Akhir-akhir ini orang semakin menyadari betapa pentingnya pendidikan karakter atau dalam Islam disebut dengan istilah pendidikan akhlak mulia. Sebagian ataupun seluruh orang setuju dengan teori tersebut. Semuanya menganggap penting. Bahkan yang selalu muncul adalah sama-sama saling memperkuat pernyataan itu. Pendidikan karakter telah diterapkan di berbagai lembaga pendidikan sebagai bentuk kebijakan Kemendiknas untuk mewujudkan Gerakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter, lembaga pendidikan telah membekali para guru untuk mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dengan berbagai metode yang komprehensif. Pada tulisan ini, penulis akan mencoba membahas tentang pendidikan karakter dalam perespektif al-Qur’an. Kata kunci : pendidikan, karakter, al-Qur’an.Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).