Nilai-Nilai Pendidikan dalam Sholat
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1467Abstrak
Abstrak: Islam mengajarkan untuk tidak mendikotomikan antara pengetahuan dunia dengan pengetahuan akhirat. Namun, Islam lebih cenderung menekankan pada umatnya untuk mendapatkan kedua pengetahuan tersebut dengan tetap mempelajari keilmuannya. Hal ini mengindikasikan bahwa Islam mendidik umatnya untuk selalu belajar, baik dalam hal beribadah secara vertikal dengan Sang Pencipta ataupun penataan sosialnya dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu pelembagaan ibadah yang mempunyai nilai pembelajaran pendidikan dalam kehidupan masyarakat adalah “sholatâ€. Dalam tulisan ini penulis mencoba untuk menemukan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalam pelembagaan “sholatâ€, yang mana dikenal oleh sebagian Muslim sebagai ibadah yang bernuansa vertikal saja. Kata kunci: Nilai, Pendidikan, SholatUnduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).