Problematika Pondok Tahfiz Al-Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v18i3.1464Abstrak
Abstrak: Huffazh menghadapi berbagai tantangan terkait dengan kondisi yang terjadi di masyarakat pada akhir-akhir ini. Peran hafidh al-Qur’an di masyarakat dibatasi hanya cukup berada pada ruang sosial-keagamaan, yaitu hanya pada acara ritual-ritual keagamaan, seperti acara kematian, pernikahan, serta hajatan yang lain. Ditambah lagi, minat masyarakat untuk mendalami ilmu-ilmu agama juga telah menurun. Tantangan juga berkaitan dengan pengembaraan ilmiah serta ketrampilan yang diperoleh para hafizh al-Qur’an selama mengikuti pendidikan di PTQ. Pendidikan PTQ di Indonesia masih terbatas pada ilmu qira’ah dan hafalan saja, belum sampai pada pendalaman ulumul Qur’an secara komprehensif. Ditambah lagi, apresiasi yang diberikan kepada para hafidhul Qur’an, dari lembaga pendidikan di luar PTQ untuk mengembangkan wawasan ilmiah, juga kurang memadai. Dalam tulisan ini penulis akan memaparkan sekilas pandangan al-Qur’an tentang perkembangan ilmu dan beberapa problem di kalangan PTQ serta saran-saran dan tanggapan terhadap problem-problem itu. Kata kunci : al-Qur’an, problem, hafidhUnduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).