Persepsi Mahasiswa Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Pendidikan Nasional Indonesia (Studi Kasus di Prodi S1 Bahasa dan Sastra Inggris Unsoed
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v18i2.1463Abstrak
Abstrak: Artikel ini membahas survey di Program Studi S1 Bahasa dan Sastra Inggris Unsoed tentang persepsi mahasiswa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pendidikan nasional di Indonesia. Terdapat 7 responden dalam survey ini terdiri dari 5 wanita dan 2 laki-laki. Mereka menjadi responden karena melakukan penelitian untuk skripsi di bawah bimbingan penulis berkaitan dengan sekolah berstandar internasional tingkat SMP di Purwokerto. Data dikumpulkan antara tahun 2009 sampai 2011 melalui diskusi mendalam untuk mengetahui pandangan mereka tentang sistem pendidikan nasional. Pertanyaan terdiri dari kesadaran budaya, pentingnya pengembangan rasa cinta terhadapbudaya sendiri, ekonomi, kesadaran memiliki identitas nasional,bahasa resmi, politik, karakter nasional, dan internasionalisasisistem pendidikan nasional. Hasilnya memperlihatkan bahwasebagian besar responden mempunyai pandangan yang hampirsama tentang sistem pendidikan nasional Indonesia. Kata kunci : Sistem Pendidikan Nasional, Persepsi, Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Unsoed.Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).