Persepsi Mahasiswa Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Pendidikan Nasional Indonesia (Studi Kasus di Prodi S1 Bahasa dan Sastra Inggris Unsoed

Penulis

  • Syaifur Rochman Jurusan Ilmu Budaya FISIP Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v18i2.1463

Abstrak

Abstrak: Artikel ini membahas survey di Program Studi S1 Bahasa dan Sastra Inggris Unsoed tentang persepsi mahasiswa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pendidikan nasional di Indonesia. Terdapat 7 responden dalam survey ini terdiri dari 5 wanita dan 2 laki-laki. Mereka menjadi responden karena melakukan penelitian untuk skripsi di bawah bimbingan penulis berkaitan dengan sekolah berstandar internasional tingkat SMP di Purwokerto. Data dikumpulkan antara tahun 2009 sampai 2011 melalui diskusi mendalam untuk mengetahui pandangan mereka tentang sistem pendidikan nasional. Pertanyaan terdiri dari kesadaran budaya, pentingnya pengembangan rasa cinta terhadapbudaya sendiri, ekonomi, kesadaran memiliki identitas nasional,bahasa resmi, politik, karakter nasional, dan internasionalisasisistem pendidikan nasional. Hasilnya memperlihatkan bahwasebagian besar responden mempunyai pandangan yang hampirsama tentang sistem pendidikan nasional Indonesia. Kata kunci : Sistem Pendidikan Nasional, Persepsi, Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Unsoed.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2013-05-15

Cara Mengutip

Rochman, S. (2013). Persepsi Mahasiswa Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sistem Pendidikan Nasional Indonesia (Studi Kasus di Prodi S1 Bahasa dan Sastra Inggris Unsoed. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(2), 327–340. https://doi.org/10.24090/insania.v18i2.1463

Terbitan

Bagian

Articles