Konsep Belajar Dan Pembelajaran Menurut Qs. An-Nahl : 78
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v18i2.1462Abstrak
Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang dilakukan untuk menemukan konsep belajar dan pembelajaran menurut QS. An-Nahl : 78 yang dapat diaplikasikan oleh guru dalam rangka mengatasi dekadensi akhlaq peserta didik di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam teknik dokumentasi ini adalah check-list yang digunakan untuk mencatat berbagai data yang telah diperoleh terkait dengan konsep belajar dan pembelajaran menurut QS. An-Nahl : 78. Kalimat yang digunakan dalam check-list tersebut berbentuk kalimat bebas. Setelah data terkumpul, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara induktif melalui empat tahapan. Pertama, pembacaan transkrip (berupa tulisan maupun karya ilmiah) untuk menemukan kategori-kategori kemudian dikonseptualisasikan ke dalam tema-tema dan sub tema. Kedua, mengembangkan tema-tema yang muncul dengan membaca ulang berbagai transkrip. Ketiga, melakukan proses koding untuk mensistematisasikan tema-tema yang telah dikembangkan. Keempat, memunculkan tema-tema umum dan sub temanya berdasarkan hasil koding dan menganalisis tematema tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis telah diperoleh limabelas temuan. Ada tujuh temuan mengenai konsep belajar menurut QS. An-Nahl : 78 dan delapan temuan tentang konsep pembelajaran menurut QS. An-Nahl : 78. Kata kunci : Belajar, Pembelajaran, QS. An-Nahl : 78, Syukur.Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).