Konsep Belajar Dan Pembelajaran Menurut Qs. An-Nahl : 78

Penulis

  • Hartono Hartono Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v18i2.1462

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang dilakukan untuk menemukan konsep belajar dan pembelajaran menurut QS. An-Nahl : 78 yang dapat diaplikasikan oleh guru dalam rangka mengatasi dekadensi akhlaq peserta didik di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini adalah teknik dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam teknik dokumentasi ini adalah check-list yang digunakan untuk mencatat berbagai data yang telah diperoleh terkait dengan konsep belajar dan pembelajaran menurut QS. An-Nahl : 78. Kalimat yang digunakan dalam check-list tersebut berbentuk kalimat bebas. Setelah data terkumpul, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara induktif melalui empat tahapan. Pertama, pembacaan transkrip (berupa tulisan maupun karya ilmiah) untuk menemukan kategori-kategori kemudian dikonseptualisasikan ke dalam tema-tema dan sub tema. Kedua, mengembangkan tema-tema yang muncul dengan membaca ulang berbagai transkrip. Ketiga, melakukan proses koding untuk mensistematisasikan tema-tema yang telah dikembangkan. Keempat, memunculkan tema-tema umum dan sub temanya berdasarkan hasil koding dan menganalisis tematema tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis telah diperoleh limabelas temuan. Ada tujuh temuan mengenai konsep belajar menurut QS. An-Nahl : 78 dan delapan temuan tentang konsep pembelajaran menurut QS. An-Nahl : 78. Kata kunci : Belajar, Pembelajaran, QS. An-Nahl : 78, Syukur.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2013-05-15

Cara Mengutip

Hartono, H. (2013). Konsep Belajar Dan Pembelajaran Menurut Qs. An-Nahl : 78. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(2), 311–326. https://doi.org/10.24090/insania.v18i2.1462

Terbitan

Bagian

Articles