Model Kegiatan Seni Tari Untuk Membentuk Akhlak Peserta Didik Di SD
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v18i2.1461Abstrak
Abstrak: Pada penelitian ini peneliti menemukan sikap dan perilaku yang tidak baik, peneliti menemukan fenomena ini di SD N Jatisawit 01 Kecamatan Bumiayu. Di SD N Jatisawit 01 ini peneliti melihat rendahnya nilai saling menghargai dan menghormati yang ditunjukkan peserta didik, rendahnya kepedulian peserta didik terhadap lingkungan, dan rendahnya sikap etika yang baik yang ditunjukkan peserta didik dalam kehidupan sekolah. Berdasarkan masalah-masalah yang ditemukan, peneliti melakukan penelitian yang mencoba menemukan model kegiatan ekstrakurikuler seni tari tradidional yang dapat membentuk karakter peserta didik SD N Jatisawit 01 Bumiayu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model kegiatan ekstrakurikuler seni tari tradisional yang dilakukan di SD N Jatisawit 01 Bumiayu serta ingin mengetahui apakah model kegiatan ekstrakurikuler seni tari tradisional yang dilakukan tersebut dapat membentuk karakter peserta didik SD N Jatisawit 01 Bumiayu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan menganalisis data penelitian berdasarkan metode Research & Development (R&D). Kata kunci: ekstrakurikuler, seni tari tradisional, karakter, peserta didik.Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).