Sistem Pembiayaan Pendidikan Dan Otonomi Daerah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v18i2.1460Abstrak
Abstrak: Otonomi daerah yang dilaksanakan sejak tahun 2001 membawa perubahan besar dalam pengelolaan pendidikan. Itulah sebabnya pembiayaan pendidikan menjadi komponen terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan. Di era otonomi daerah, urusan pendidik an dari tingkat TK hingga SMA menjadi tanggung jawab daerah dan masa depan pendidikan sangat tergantung pada kemampuan pemerintah daerah dalam mengelola sektor pendidikan. Namun sayangnya pelaksanaan otonomi pendidikan yang di lakukan oleh pemerintah daerah belum berjalan sepenuh nya karena keterbatasan anggaran, setidaknya ada enam faktor yang mempengaruhinya. Pada tulisan ini penulis akan menawarkan berbagai alternatif solusi yang dapat dilakukan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk mengatasi masalah tersebut. Kata kunci : otonomi, pendidikan, anggaran, pemerintah daerahUnduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).