Paradigma Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Integratif

Penulis

  • Musmuallim Musmuallim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v18i2.1454

Abstrak

Abstrak: Tulisan ini mendeskripsikan mengenai paradigma pembelajaran PAI berwawasan integratif sebagai upaya menuju pengembangan paradigma baru keilmuan yang integral (menyeluruh). Paradigma baru pembelajaran PAI berwawasan integratif ini merupakan pemikiran dan cara pandang secara terus-menerus perlu dikembangkan melalui praktek pendidikan untuk mengintegrasi-kan antara agama dan ilmu. Pada paradigma ini, pembelaj aran PAI yang ingin dikembangkan ada tiga hal yang ingin dikembangkan. Pertama, proses pendidikan yang menghilangkan atau tidak ada dikotomi antara ilmu dan agama, serta ilmu tidak bebas nilai tetapi bebas dinilai. Selain itu, mengaj arkan agama dengan bahasa ilmu pengetahuan dan tidak hanya mengajarkan sisi tradisional, melainkan juga sisi rasional. Kedua, membangun keilmuan dan kemajuan kehidupan yang integratif antara nilai spritual, moral dan material bagi kehidupan manusia. Ketiga, mampu membangun kompetisi manusia dan mempersiapkan kehidupan yang lebih baik berupa manusia demokratis, kompetitif, inovatifberdasarkan nilai-nilai Islam. Kata Kunci: paradigma, PAI, integratif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2013-05-15

Cara Mengutip

Musmuallim, M. (2013). Paradigma Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Integratif. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(2), 187–200. https://doi.org/10.24090/insania.v18i2.1454

Terbitan

Bagian

Articles