Melatih Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini

Penulis

  • Rika Sa’diyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rika Sa’diyah Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v18i1.1447

Abstrak

Abstrak: Kecerdasan harus diajarkan kepada anak sedini mungkin. Penting nya mengajarkan kecerdasan emosional kepada anak-anak untuk memberikan kesempatan yang lebih baik kepada mereka dalam rangka memanfaatkan potensi yang mereka miliki. Tidak sedikit anak yang cerdas secara akademis gagal dalam kehidupan sosial dan lainnya. Artinya, terdapat faktor lain di luar kecerdasan intelektual yang menunjang keberhasilan anak dalam kehidupannya. Kecerdasan intelektual dan kecerdasan nonintelektual berperan sama penting dalam menunjang kesuksesan indi vidu, kemampuan non-intelektual sangat penting untuk mem - prediksi kemampuan individu dalam mencapai kesuksesan hidup. Kemampuan IQ dan EQ sama penting dan saling menunjang, meski keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Tentu yang diharap kan adalah bukan kemampuan salah satunya tetapi keseimbangan antara keduanya. Kecerdasan yang memungkinkan manusia berpikir rasional, logis, dan taat asas dinamakan kecerdasan intelektual. Sementara itu, kecerdasan lain yang memungkinkan manusia berpikir asosiatif, yang terbentuk oleh kebiasaan dan kemampuan mengenali pola-pola emosi, dinamakan kecerdasan emosional. Banyak anak mengalami hambatan dalam belajar karena faktor-faktor non-intelektual dan semua yang manusia lakukan dikendalikan oleh emosi. Kata kunci : Kecerdasan, Emosi, Kecerdasan Emosional, AUD

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2013-01-15

Cara Mengutip

Sa’diyah, R., & Sa’diyah, R. (2013). Melatih Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(1), 117–134. https://doi.org/10.24090/insania.v18i1.1447

Terbitan

Bagian

Articles