Revitalisasi Moral Dalam Pendidikan (Telaah Konsep Pendidikan Moral Ibnu Maskuya)

Penulis

  • Dony Handriawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v18i1.1439

Abstrak

Abstrak : Berbagai masalah mengganggu sektor pendidikan saat ini dan diduga menjadi salah satu penyebab dari mengikis bahkan hilang nya semangat moralitas sejati dalam pendidikan. Tidak diragukan lagi bahwa ketika landasan moral dan tujuan dari pendidikan tidak diutamakan, maka akan berbuntut panjang pada munculnya masalah yang lebih besar, tidak hanya akan menimpa sektor pendidikan saja, tetapi juga akan mempengaruhi ke dimensi lain, seperti dimensi sosial dan politik. Revitalisasi moral dalam pendidikan adalah kata kunci dan solusi jangka panjang. Pendidikan moral tidak hanya menjadi salah satu fungsi pendidikan, tetapi lebih dari itu moralitas harus menjadi tujuan utama diselenggarakannya pendidikan, karena kecerdasan yang tidak didasarkan pada moralitas, sudah dipastikan hanya akan menghasilkan generasi-generasi “cacatâ€, yang hanya akan merusak kehidupan sosial bangsa. Koruptor adalah wujud nyata dari erosi moralitas intelektual produk pendidikan kita. Dalam tulisan ini akan diungkap konsep sebenarnya dari pendidikan moral yang telah disebut-sebut 11 abad yang lalu oleh seorang tokoh, bernama Ibnu Maskuya. Kata kunci : pendidikan, moral, revitalisasi, Ibnu Maskuya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2013-01-15

Cara Mengutip

Handriawan, D. (2013). Revitalisasi Moral Dalam Pendidikan (Telaah Konsep Pendidikan Moral Ibnu Maskuya). INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 18(1), 19–36. https://doi.org/10.24090/insania.v18i1.1439

Terbitan

Bagian

Articles