Konsep Pendidikan Karakter Menurut Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1431Abstrak
Abstrak: Tulisan ini ditujukan untuk menemukan konsep pendidikan karakter menurut Prof. Dr. H. E. Mulyasa pada berbagai buku yang ditulisnya. Harapannya, tulisan ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi pihak-pihak pengelola (manajer) sekolah dalam mempraktikkan pendidikan karakter dalam lingkup sekolah. Dari hasil kajian dapat diperoleh informasi bahwa pendidikan karakter merupakan proses penanaman nilai-nilai karakter, seperti sadar, jujur, ikhlas, sederhana, mandiri, peduli, bebas dalam bertindak namun bertanggungjawab terhadap perbuatannya, cermat atau teliti, dan memiliki komitmen dalam berbuat kebaikan. Internalisasi nilai-nilai karakter tersebut dilakukan melalui tiga strategi, yaitu menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya, menginternalisasikan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembelajaran, menginternalisasikan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembiasaan, dan melakukan manajemen sekolah yang berpihak pada praktik penyelenggaraan pendidikan karakter.Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).