Konsep Pendidikan Karakter Menurut Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd

Penulis

  • Novan Ardy Wiyani Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1431

Abstrak

Abstrak: Tulisan ini ditujukan untuk menemukan konsep pendidikan karakter menurut Prof. Dr. H. E. Mulyasa pada berbagai buku yang ditulisnya. Harapannya, tulisan ini dapat dijadikan sebagai pedoman bagi pihak-pihak pengelola (manajer) sekolah dalam mempraktikkan pendidikan karakter dalam lingkup sekolah. Dari hasil kajian dapat diperoleh informasi bahwa pendidikan karakter merupakan proses penanaman nilai-nilai karakter, seperti sadar, jujur, ikhlas, sederhana, mandiri, peduli, bebas dalam bertindak namun bertanggungjawab terhadap perbuatannya, cermat atau teliti, dan memiliki komitmen dalam berbuat kebaikan. Internalisasi nilai-nilai karakter tersebut dilakukan melalui tiga strategi, yaitu menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya, menginternalisasikan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembelajaran, menginternalisasikan nilai-nilai karakter ke dalam kegiatan pembiasaan, dan melakukan manajemen sekolah yang berpihak pada praktik penyelenggaraan pendidikan karakter.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-02-14

Cara Mengutip

Wiyani, N. A. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Prof. Dr. H. E. Mulyasa, M.Pd. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(2), 159–175. https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1431

Terbitan

Bagian

Articles