Tentang Jurnal Ini

INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan p-ISSN: 1410-0530 | e-ISSN: 2598-3091 merupakan jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sejak 1996, terakreditasi dan terindeks Sinta 4 sejak 21 September 2019, dan terindeks DOAJ. Jurnal Insania merupakan jurnal tertua yang pertama kali ada pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto. Jurnal Insania berfokus pada penerbitan artikel ilmiah dari pemikiran dan penelitian pendidikan, manajemen pendidikan, pengembangan pendidikan, pembelajaran, teknologi pendidikan, and pendidikan dalam berbagai terminologi dan perspektif. Jurnal Insania terbit 2 kali setahun pada edisi Juni dan Desember. Di setiap edisi, Jurnal Insania berfokus pada artikel ilmiah yang kompleks dalam membahas alternatif Pendidikan Agama Islam dari berbagai perspektif dan terminologi yang merupakan hasil riset dan penelitian yang mendalam.

Terbitan Terkini

Vol 28 No 2 (2023)
                    Lihat Vol 28 No 2 (2023)
Diterbitkan: 2023-07-26

Articles

  • Kitab kuning’s existence in the history of Islamic education and its relevance to modern Islamic society in Aceh

    Inayatillah Inayatillah
    133-152
    DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v28i2.9158
  • The Effectiveness of mobile learning media using Smart Apps Creator on Economic subjects

    Atikah Aristia, Sri Kartikowati, Daeng Ayub Natuna
    153-170
    DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v28i2.8347
  • Comparison of distance and blended learning models on UIN Saizu Purwokerto students' learning outcomes

    Yosi Intan Pandini Gunawan, Mujibur Rohman
    171-190
    DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v28i2.8434
  • The role of learning technology developers as facilitators during the Covid-19 pandemic

    Joko Susilo, Hasan Suryono
    191-206
    DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v28i2.7055
  • Basic concepts of Islamic education: The perspective of Al-Rahiq Al-Makhtum kitab

    Hunainah Hunainah, Muhammad Fuad Ikhwansyah, Muhammad Tri Ramdhani
    207-220
    DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v28i2.8548
  • Quora: A popular platform to promote students' reading comprehension skill

    Pipit Muliyah, Desi Wijayanti Ma'rufah, Mustangin Mustangin
    221-234
    DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v28i2.8836
  • Deviant acts in the use of ChatGPT: An analytical study of student behaviour

    Wahyu Purwasih, Ahmad Sahnan
    235-247
    DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v28i2.9529
  • The implementation of reciprocal teaching strategy in teaching critical reading

    Fitri Ana Ika Dewi
    248-261
    DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v28i2.7954
Lihat semua terbitan