NILAI-NILAI SPIRITUALITAS DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013

Authors

  • Nasri Kurnialloh Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.467

Keywords:

values, spirituality, Islamic education, curriculum

Abstract

Tulisan ini ditujukan untuk menemukan dan membandingkan nilainilai spiritual pada kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. Upaya tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa besar “keberpihakan†kurikulum 2013 terhadap agama Islam. Kenapa ditarik ke agama Islam? Hal ini karena nilai yang tumbuh dan berkembang di dalam pendidikan memiliki peranan yang sangat besar dalam membentuk akhlak dan budi pekerti seseorang yang berorientasi pada nilai-nilai spiritualitas. This paper is intended to find and to compare the spiritual values in the 2006 curriculum and 2013 curriculum. The investigation is being done to determine how much â€partisanship†of 2013 curriculum toward Islam. Why must be drawn to Islam? This is because the value of growing and developing in education has a very large role in shaping the morals and manners of someone who oriented spiritual values.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M. 1994. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.

Asifudin, Ahmad Janan. 2010. Mengungkit Pilar-pilar Pendidikan Islam. Yogyakarta: SUKA Press.

Darajat, Zakiyah, dkk. 1989. Dasar-Dasar Agama Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Darmaputra, Eka. 1994. “Spiritualitas Baru dan Kepedulian terhadap Sesama: Suatu Perspektif Kristen”, dalam Th. Sumartana, dkk (peny.), Spiritualitas Baru: Agama dan Aspirasi Rakyat. Yogyakarta: Dian/Interfidei.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Komarudin. 1998.Tragedi Raja Midas. Jakarta: Paramadina.

http:///www.bsnp.go.id. Diakses 10 April 2014.

http://www.Google.PERMENDIKNAS No 41 tahun 2007 tentang pengembangan RPP .go.id/, di akses pada tanggal 10 April 2014.

http://www.kemdikbud.go.id/. Di akses 10 April 2014.

Langulung, Hasan. 1980. Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Al ma’arif.

Lismawati, “Sejarah Perkembangan Kurikulum”, dalam http://lismawati bendang.blogspot.com. Diakses, 10 April 2014.

Maragustam. 2010. Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna. Yogyakarta: Nuha Litera.

Muhammad Nuh, “Kurikulum 2013”, dalam http://kemdikbud.go.id. Di akses pada tanggal 10 April 2014.

Mulyasa, E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru & Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

—————. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2007.KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nottingham, Elizabeth K. 1997. Agama dan Masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo.

O’dea, Thomas F. 1996. Sosiologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo.

Partanto, Pius, A & M.Dahlan, Al-Barry. 1994. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka.

Susilo, Muhammad Joko. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Teasdate, Wayne. 2000. “Agama Eternal: Spiritualitas dalam Hinduisme”, dalam Wacana Spiritualitas Timur dan Barat. Yogyakarta: Qalam.

Thaha, M. Chatib, dkk. 1996. Reformasi Filsafat pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tp. 2006. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

How to Cite

Kurnialloh, N. (2015). NILAI-NILAI SPIRITUALITAS DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 133–147. https://doi.org/10.24090/insania.v19i1.467

Issue

Section

Articles