PENDIDIKAN AKHLAK BERWAWASAN INTEGRATIF INKLUSIF

Penulis

  • M Syifaqurrohman IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v8i2.6828

Kata Kunci:

Pendidikan Akhlak, Berwawasan, Integratif

Abstrak

Pendidikan akhlak berwawasan integratif-inklusif dapat dimaknai sebagai suatu rumusan proses pendidikan akhlak yang dilakukan secara luas dan holistik. Materi pendidikan akhlak dapat bersinergi dengan seluruh mata pelajaran, dapat bersinergi dengan budaya sekolah, kegitan estrakulikuler serta bersinergi dengan komunitas. Dikatakan struktur keilmuan integratif bukan berarti antara berbagai ilmu tersebut dilebur menjadi satu bentuk ilmu yang identik, melainkan karakter, corak, dan hakikat antara ilmu tersebut terpadu dalam kesatuan dimensi material spiritual, akal-wahyu, ilmu umum ilmu agama, jasmani-ruhani, dan dunia akhirat

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Rachmat Djatnika, Sistem Ethika Islami, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1992), hlm. 26-27.
Yunahar Ilyas, Kuliah Akhlaq, (Yogyakarta: Lembaga Pengkajian Dan Pengalaman Islam, 2002).
Ahmad Royani, Pendidikan Akhlak Aplikatif Integratif di Sekolah, Dalam Jurnal Fenomena, Vol. 14 No. 1 April 2015.
Nasri Kurnialoh, Pendidikan Agama Islam Berwawasan Inklusif-Pluralis, Dalam Jurnal Insania Vol.186, No. 03, September-Desember,
Siti Mutma’inah, Pendekatan Integratif:Tinjauan Paradigmatif Dan Implementatif Dalam Pembelajaran Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah, Dalam Jurnal Elementari Vol. 5 / No. 2 / Juli-Desember 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2019-12-16

Cara Mengutip

Syifaqurrohman, M. (2019). PENDIDIKAN AKHLAK BERWAWASAN INTEGRATIF INKLUSIF. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 8(2), 257–271. https://doi.org/10.24090/jimrf.v8i2.6828

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.