CAPACITY BUILDING PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DALAM PENGUATAN MANAJEMEN DAN CITRA LAYANAN PENDIDIKAN SMA/SMK/SLB DI ERA OTONOMI DAERAH
DOI:
https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i1.964Keywords:
Capacity Building, ManajemenAbstract
Diberlakukanya UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, peran dan fungsi pemerintah daerah menjadi semakin besar dalam berbagai hal termasuk pendidikan. Untuk menjawab tantangan dan harapan tersebut, diperlukan peningkatan kapasitas (capacity building) pemerintah daerah. Peningkatan kapasitas mengacu kepada proses dimana individu, kelompok, organisasi, kelembagaan dan masyarakat mengembangkan kemampuanya baik secara individual maupun kolektif untuk melaksanakan fungsi untuk mencapai tujuanya.Untuk mewujudkkan pendidikan bermutu tiggi diperlukan manajemen pendidikan yang bermutu tinggi pula. Oleh karena itu, diperlukan penguatan manajemen kelembagaan untuk mewujudkan citra layanan pendidikan yang siap bersaing di Era Otonomi Daerah.Downloads
References
Faozan, Harris, Penguatan Kapasitas Kelembagaan Pemerintah Daerah Sebagai Agenda Utama Optimasi Pengelolaan Daerah Perbatasan. STIA
LAN, 2015.
Hamzah, Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jurnal Studi Islamika. Volume.10. Nomor 1, 2013.
Manjta, Willem, Manajemen Pendidikan Dalam Era Reformasi. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jillid 7. Nomor 2. 2000.
TIM Peneliti STIA LAN Makassar, Capacity Building: Birokrasi Pemerintah Daerah di Indonesia, STIA LAN, 2012.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).