CAPACITY BUILDING PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DALAM PENGUATAN MANAJEMEN DAN CITRA LAYANAN PENDIDIKAN SMA/SMK/SLB DI ERA OTONOMI DAERAH

Authors

  • Firna Larasanti UNNES

DOI:

https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i1.964

Keywords:

Capacity Building, Manajemen

Abstract

Diberlakukanya UU No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, peran dan fungsi pemerintah daerah menjadi semakin besar dalam berbagai hal termasuk pendidikan. Untuk menjawab tantangan dan harapan tersebut, diperlukan peningkatan kapasitas (capacity building) pemerintah daerah. Peningkatan kapasitas mengacu kepada proses dimana individu, kelompok, organisasi, kelembagaan dan masyarakat mengembangkan kemampuanya baik secara individual maupun kolektif untuk melaksanakan fungsi untuk mencapai tujuanya.Untuk mewujudkkan pendidikan bermutu tiggi diperlukan manajemen pendidikan yang bermutu tinggi pula. Oleh karena itu, diperlukan penguatan manajemen kelembagaan untuk mewujudkan citra layanan pendidikan yang siap bersaing di Era Otonomi Daerah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Danim, Sudarmawan, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Jaya, 2003)

Faozan, Harris, Penguatan Kapasitas Kelembagaan Pemerintah Daerah Sebagai Agenda Utama Optimasi Pengelolaan Daerah Perbatasan. STIA
LAN, 2015.

Hamzah, Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jurnal Studi Islamika. Volume.10. Nomor 1, 2013.

Manjta, Willem, Manajemen Pendidikan Dalam Era Reformasi. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jillid 7. Nomor 2. 2000.

TIM Peneliti STIA LAN Makassar, Capacity Building: Birokrasi Pemerintah Daerah di Indonesia, STIA LAN, 2012.

Published

2017-03-29

How to Cite

Larasanti, F. (2017). CAPACITY BUILDING PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH DALAM PENGUATAN MANAJEMEN DAN CITRA LAYANAN PENDIDIKAN SMA/SMK/SLB DI ERA OTONOMI DAERAH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 5(1). https://doi.org/10.24090/jimrf.v5i1.964

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.