PENGENTASAN PERMASALAHAN SISWA DENGAN PENDEKATAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN BANYUMAS)

Authors

  • Alief Budiyono Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/komunika.v10i1.856

Keywords:

Permasalahan siswa, Bimbingan dan Konseling Islami

Abstract

The reason of implementation of counseling at school is to help students solving their problems. So that, students learning can be optimized. Several approaches that are often used in school counselors in helping students to solve problems often can not resolve the problems without delay. This is because the counselor is less to understand the character of the students in depth. Guidance and counseling Islam as alternative approaches that can be used to help solve the problems of students, especially students in MAN Kab. Banyumas all Muslim. So the model of Islamic Guidance and counseling is considered very appropriately carried out at MAN Kab. Banyumas, because this approach is in accordance with the norms implemented in the schools. The most fundamental goal of this approach is to help people in realizing himself to be fully human so they able to achieve happiness in this world and in the hereafter. Dasar pemikiran penyelenggaraan konseling di sekolah adalah membantu terentaskannya semua permasalahan siswa. Sehingga siswa dalam belajar bisa lebih optimal. Beberapa pendekatan yang sering digunakan konselor di sekolah dalam membantu memecahkan permasalahan siswa seringkali belum bisa menyelesaikan permasalahan secara tuntas. Hal ini dikarenakan konselor kurang begitu memahami karakter dari siswa secara mendalam. Bimbingan dan konseling Islam sebagai alternatif pendekatan yang bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan siswa, terlebih siswa di MAN Kab. Banyumas semuanya muslim. Sehingga model bimbingan dan konseling Islam ini dirasa sangat tepat dilaksanakan di MAN Kab. Banyumas, dikarenakan pendekatan ini sesuai dengan norma-norma yang keseharian dilaksanakan di sekolah-sekolah tersebut. Tujuan yang pa ling pokok dari pendekatan ini adalah membantu individu dalam mewujudkan dirinya menjadi manusia seutuhnya yang mampu meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ginanjar, Ari Agustian. (2004). Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power, Jakarta: Penerbit Arga.

Hamdani Bakran Adz Dzakey. (2007). Kecerdasan Kenabian, Yogyakarta: Pustaka Alfurqan.

Mas Rahim Salabi. (2001). Mengatasi Kegoncangan Jiwa dalam Perspektif al-Qur’an dan Sains, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musnamar, Thahari. (1992). Dasar-dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islam, Yogyakarta: UII Press.

Prayitno. (1998). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, Dewa Ketut. (2000). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta.

_________________. (1984). Bimbingan Karir di Sekolah–sekolah, Jakarta: Ghlmia Indonesia.

Sutoyo, Anwar. (2009). Bimbingan dan Konseling Islami Teori dan Praktik, Semarang: Widya Karya.

Utsman Najati, Muhammad. (2000). Psikologi dalam Tinjauan Hadis Nabi, Jakarta: Muttaqin.

Walgito, Bimo. (2004). Bimbingan dan Konseling Perkawinan, Yogyakarta: Andi Offset.

Yusuf, Syamsu dan Juntika Nurihsan. (2008). Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2017-02-01

How to Cite

Budiyono, A. (2017). PENGENTASAN PERMASALAHAN SISWA DENGAN PENDEKATAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN BANYUMAS). KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(1), 1–26. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i1.856

Issue

Section

Articles