Membentuk Kepribadian Islam melalui Strategi Komunikasi Lembaga Dakwah Kampus (LDK) di STMIK Budi Darma Medan

Authors

  • Imam Saputra STMIK Budi Darma Medan
  • Fitri Aisyah Ritonga Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Ahmad Tamrin Sikumbang Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Zainun Zainun Komunikasi Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24090/komunika.v14i1.3644

Keywords:

Communication Strategy, Islamic Personality, Campus Da'wah Institut, Strategi Komunikasi, Kepribadian Islam, Lembaga Dakwah

Abstract

Personality as an integration of one’s tendency to behave, act and behave. The personality referred to in this case is the personality of honesty and istiqomah which is in accordance with the teachings of Islam and is called the personality of Islam. This study aims to describe the communication strategies of Campus Da'wah Institutions in shaping the Islamic personality of students, as well as the supporting and inhibiting factors of the campus Da'wah Communication strategy in shaping the Islamic personality of STMIK Budi Darma Medan students. The research method used in this study is a qualitative method by analyzing and making interpretation of data found through interviews. The data that has been collected is checked for validity, the data analysis technique starts from reducing the data and making conclusions from the results of the study. The results of this study are that to develop a communication strategy must begin with planning, implementation and of course in this strategy there are supporting and inhibiting factors. The communication strategy of Campus Propagation Institute in shaping the Islamic personality of students by planning and implementing activities that are Islamic by instilling the values of Islamic personality to students. Islamic personality here is the personality of honesty, responsibility, initiative and istiqomah in the daily life of students. Strategies that LDK does include mentoring, recitation and sharing among others. Supporting and inhibiting factors in the Campus Da'wah Institute strategy are good responses from students, while the inhibiting factor is the lack of funds.   Kepribadian sebagai integrasi dari kecenderungan seseorang dalam bersikap, bertindak dan berperilaku. Kepribadian islam merupakan kepribadian tentang kejujuran, tanggungjawab, inisiatif dan istiqomah yang sesuai dengan ajaranajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Lembaga Dakwah Kampus dalam membentuk kepribadian Islam mahasiswa, serta faktor pendukung dan penghambat dari strategi komunikasi Lembaga Dakwah Kampus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menganalisis dan membuat interpretasi data yang ditemukan melalui hasil wawancara. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya, teknik analisa data dimulai dari mereduksi data dan membuat simpulan hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan strategi komunikasi Lembaga Dakwah Kampus dalam membentuk kepribadian Islam mahasiswa. Bentuk-bentuk strategi komunikasi adalah komunikasi antar personal dan komunikasi tidak langsung yaitu dakwah berbasis materi dan dakwah berbasis media. Faktor pendukung dalam strategi Lembaga Dakwah Kampus ini yaitu respon yang baik dari mahasiswa, pengurus LDK memiliki potensi yang lebih, LDK Al-Hayyan memiliki susunan struktur anggota keorganisasian yang jelas sedangkan faktor penghambatnya yaitu masalah kurangnya dana dalam program LDK, kurangnya waktu untuk bersosialisasi dan semangat anggota LDK yang menurun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Adil Fathi. (2014). 20 Tips Membangun Kepribadian Islam. Jakarta: Gema Insani
Afrizal. (2016). Metode Penelitan Kualitatf Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitan Kualitatf Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Raja Grafndo Persada.
Agency, Beranda, Mengajarkan Kejujuran Itu Tidak Susah, Bandung: Elex Media, 2015
Agung, J. (2014). Renungan Bagi Aktivis Dakwah Kampus. Bandung: Quanta.
Alam, L. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui
Lembaga Dakwah Kampus. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam. htps://doi.org/10.24269/ijpi.v1i2.171
Al-Hasyimi, Muhammad, Kepribadian Wanita Muslimah, Jakarta: Qisthi Press, 2001.
Al-Jumhuri, Muhammad Asroruddin. (2015). Belajar Aqidah Akhlak, Yogyakarta: Deepublish.
Alim, M. (2011). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Angkat, D. (2020, Februari 21). Koordinator HUMAS dan Syiar LDK Al-Hayyan STMIK Budi Darma.
Apriliani, A. (2020, Februari 24). Sekretaris Dana dan Usaha LDK Al-Hayyan STMIK Budi Darma.
Arianto, D. (2020, Februari 24). Anggota LDK Al-Hayyan STMIK Budi Darma.
Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Dewi, S. (2020, Februari 24). Mahasiswi STMIK Budi Darma.
Faozin, Muh (2009). Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Liliweri, Alo. (2010). Strategi Komunikasi Masyarakat. Yogyakarta: LKis Yogyakarta.
Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosydakarya.
Masripah. (2007). Urgensi Internalisasi Pendidikan Aqidah Akhlak Bagi Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 52-61.
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada.
Prayogi, A. (2019). Masuk Dan Berkembangnya Gerakan Tarbiyah, Studi Kasus: Gerakan Dakwah Kampus Di Insttut Teknologi Bandung. Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah. htps://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.204
Pirol, Abdul. (2018). Komunikasi dan Dakwah Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Rahmawat, L. (2020, Februari 21). Bidang Kaderisasi LDK Al-Hayyan STMIK Budi Darma Medan.
Silviana, Irene. (2020). Komunikasi Organisasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Saddam Husein, N. K. A. P. (2018). Pembinaan Akhlak Mulia Mahasiswa dalam Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Izzah Iain Ambon. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam. htps://doi.org/10.33477/alt.v3i1.417
Samsu, S., & Mansur, M. (2019). Manajemen Dakwah Lembaga Dakwah Kampus Unit Pengkajian Mahasiswa Islam (LDK-UPMI) IAIN Kendari. al-munzir. htps://doi.org/10.31332/am.v12i1.1325
Setawan, A. I. (2015). Efektvitas Dakwah Fi’ah: Studi Model Dakwah pada Lembaga Dakwah Kampus. Jurnal Ilmu Dakwah. htps://doi.org/10.15575/jid.v5i2.378
Sukarta, S. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Dakwah Multkultural dalam Pembelajaran Al-Islam
di Universitas Muhammadiyah Mataram. Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam. htps://doi.org/10.3176/jail.v1i2.229
Sulaiman, Umar, I Am A Moeslim, Yogyakarta: Mirqat, 2000.
Savitri, Intan, Belajar Jujur, Yogyakarta: Andi, 2010
White, Jerry, Kejujuran, Moral dan Hat Nurani, Jakarta: Grafndo Persada, 2011.
Wilcox, Lynn. (2018). Psikologi Kepribadian. Yogyakarta: IRCiSoD
Widyarini, Nilam. (2013). Membangun Hubungan Antar Manusia, Jakarta: Elex Media.
Wildan, M. (2015). Gerakan Islam Kampus: Sejarah dan Dinamika Gerakan Mahasiswa Muslim. In Sejarah Kebudayaan Islam Indonesia Jilid 3.
Yasin, A. (2004). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan
Yusuf, A. M. (2015). Assesment dan Evaluasi Pendidikan Jakarta Prenadamedia Kencana.

Downloads

Published

2020-07-30

How to Cite

Saputra, I., Ritonga, F. A., Sikumbang, A. T., & Zainun, Z. (2020). Membentuk Kepribadian Islam melalui Strategi Komunikasi Lembaga Dakwah Kampus (LDK) di STMIK Budi Darma Medan. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14(1), 125–138. https://doi.org/10.24090/komunika.v14i1.3644

Issue

Section

Articles