STRATEGI DAKWAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM RAHM}M} ATAN LIL ’AL>L> AMIN>N> DI LINGKUNGAN MASYARAKAT (STUDI TERHADAP DOSEN-DOSEN STAIN PURWOKERTO)
DOI:
https://doi.org/10.24090/komunika.v9i2.854Keywords:
Strategy, Da’wah, Islam, Rahmatan lil ‘alaminAbstract
Islam arrives on the Earth with a great mission, i.e. rahmatan lil ‘alamin, which means giving a bless to the universe. However, the existence of radical movements such as Wahabi, al-Qaeda, NII (Indonesia Islamic State), etc. can destroy the good impression about Islam. To anticipate those radical movements, Islam rahmatan lil ‘alamin should be promoted by Islamic preachers (dai), included IAIN Purwokerto lecturers, in social life. There are some strategies applied by IAIN Purwokerto lecturers to plant the values of rahmatan lil ‘alamin, which can be classified into 3 fields, educational, social, and economic fields. Da’wah in educational field includes strategies such as lecturing, exemplifying, integrating, and interactive dialogue. In social field, da’wah incluces personal and infiltrating strateges, whereas da’wah in economic field includes strategies of social welfare, baitul mal, and saving for qurban. Islam hadir dimuka bumi ini dengan mengusung misi besar yakni rahmatan lil ‘alamin yaitu menjadi rahmat bagi seluruh alam. Namun eksisnya kelompok-kelompok radikal seperti kelompok Wahabi, terorisme a1-Qaeda, jaringan NII (Negara Islam Indonesia) dan sebagainya akan mengancam dan merusak citra baik Islam yang sudah dibangun selama ini. Untuk mengantisipasi gerakan-gerakan kelompok-kelompok tersebut, maka Islam rahmatan lil ‘alamin hendaknya disosialisasikan oleh seorang dai dalam hal ini adalah dosen-dosen STAIN Purwokerto dalam kehidupan di masyarakat. ada beberapa strategi dakwah yang diterapkan oleh dosen-dosen STAIN Purwokerto dalam menanamkan nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin dapat diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) bidang. Pertama, dakwah dalam bidang pendidikan. Kedua, dakwah dalam bidang sosial. Ketiga, dakwah dalam bidang ekonomi. Dakwah dalam bidang pendidikan terdapat dalam strategi  ceramah, keteladanan, integrasi, dan dialog interaktif. Kemudian dalam bidang sosial terdapat dalam strategi personal, strategi infiltrasi, selanjutnya dakwah dalam bidang ekonomi terdapat dalam strategi kesejahteraan sosial, strategi battul mal, strategi tabungan kurban.Downloads
Download data is not yet available.
References
http://www.nu.or.id/a,public-m.dinamic-s,detail-ids,35031-lang,idc,taushiyaht,Islam+Rahmatan+Lil++Isquo+Alamin+NU+dan+peran+
kenegaraannya diakses tanggal 13 februari 2014
Wahid, Abdurrahman. Islamku Islam Anda dan Islam Kita (Agama Masyarakat Negara Demokrasi). Jakarta: Penerbit The Wahid Institut, 2006.
Ghozali, Abdul Moqsith. “Islam Rahmat sebagai keputusan finalâ€. Jawa Pos, 8 Desember 2002 edisi Juni-Desember 2002.
Tim Penyusun. Panduan Akademik STAIN Purwokerto Tahm 2013-2014. Purwokerto: STAIN press, 2013.
Syukir, Asmuni. Dasar-dasar Strategi Dakwah. Surabaya Jakarta: Al-Ikhas, 1983.
Anshari, Hafi. Pemahaman dan Pengalaman Dakwah. Jakarta: Al-ikhlas, 1993.
Eardhana, Sutirman Eka. Jurnalistik Dakwah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya, 2010.
Rahmat, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya, 1984.
Kristiyanto, Rahmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.
Muhtadi, Asep Saeful dan Safe’i, Agus Ahmad. Metode Penelitian Dakwah. Bandung: CV Pustaka Setia, 2003.
Sutopo, Metodologi Penelitian Kualitatif, Dasar-dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press, 1995.
Hasil wawancara dengan Musta’in di Rumah Makan MM pada tanggal 12 Juni 2014.
Hasil wawancara dengan H.M Najib di Ruang Dosen Dakwah pada tanggal 14 Juni 2014.
Hasil wawancara dengan Enung Asmaya di Laboratorium Dakwah pada tanggal 14 Juni 2014.
http://sabilualhaq.blogspot.com/2013/02/makna-rahmatan-lilalamin.html. diakses tanggal 13 Februari 2014.
kenegaraannya diakses tanggal 13 februari 2014
Wahid, Abdurrahman. Islamku Islam Anda dan Islam Kita (Agama Masyarakat Negara Demokrasi). Jakarta: Penerbit The Wahid Institut, 2006.
Ghozali, Abdul Moqsith. “Islam Rahmat sebagai keputusan finalâ€. Jawa Pos, 8 Desember 2002 edisi Juni-Desember 2002.
Tim Penyusun. Panduan Akademik STAIN Purwokerto Tahm 2013-2014. Purwokerto: STAIN press, 2013.
Syukir, Asmuni. Dasar-dasar Strategi Dakwah. Surabaya Jakarta: Al-Ikhas, 1983.
Anshari, Hafi. Pemahaman dan Pengalaman Dakwah. Jakarta: Al-ikhlas, 1993.
Eardhana, Sutirman Eka. Jurnalistik Dakwah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya, 2010.
Rahmat, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: P.T Remaja Rosdakarya, 1984.
Kristiyanto, Rahmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.
Muhtadi, Asep Saeful dan Safe’i, Agus Ahmad. Metode Penelitian Dakwah. Bandung: CV Pustaka Setia, 2003.
Sutopo, Metodologi Penelitian Kualitatif, Dasar-dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press, 1995.
Hasil wawancara dengan Musta’in di Rumah Makan MM pada tanggal 12 Juni 2014.
Hasil wawancara dengan H.M Najib di Ruang Dosen Dakwah pada tanggal 14 Juni 2014.
Hasil wawancara dengan Enung Asmaya di Laboratorium Dakwah pada tanggal 14 Juni 2014.
http://sabilualhaq.blogspot.com/2013/02/makna-rahmatan-lilalamin.html. diakses tanggal 13 Februari 2014.
Downloads
Published
2017-01-26
How to Cite
Arsam, .-. (2017). STRATEGI DAKWAH DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ISLAM RAHM}M} ATAN LIL ’AL>L> AMIN>N> DI LINGKUNGAN MASYARAKAT (STUDI TERHADAP DOSEN-DOSEN STAIN PURWOKERTO). KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(2), 276–301. https://doi.org/10.24090/komunika.v9i2.854
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).