Pendidikan Nilai Spiritual Masyarakat Kota Tangerang Melalui Tradisi Kegiatan Istighotsah (Studi Kasus Pondok Pesantren Uzlifatil Jannah Kota Tangerang, Banten)

Authors

  • Najib Muhammad Najib Murobbi Universitas Indonesia
  • Layla Mardliyah UIN Saizu Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v24i1.2023.pp71-86

Keywords:

Pendidikan, Spiritual, Istighotsah, Tradisi

Abstract

Istighotsah merupakan wasilah untuk menjadikan seorang hamba mengetahui kedudukan manusia. Mengetahui bahwa manusia merupakan makhluk yang lemah yang selalu membutuhkan pertolongan Allah SWT. Aspek spiritual ini merupakan landasan yang tidak boleh ditinggalkan semata-mata. Spiritual dibutuhkan sebab dapat menumbuhkan rasa percaya dan selalu berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan istighotsah di Pondok Pesantren Uzlifatil Jannah adalah untuk menumbuhkan nilai-nilai spiritual masayarakat muslimah di Kota Tangerang. Sehingga masyarakat muslimah mampu menjalankan roda kehidupan penuh dengan rasa kesadaran bahwa semuanya telah diatur oleh Allah SWT. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA), dengan menggunakan teknik kegiatan harian dan wawancara semi terstruktur. Dari metode yang digunakan terapat tiga pertanyaan yang akan menjadi topik penelitian, yaitu: (1) Bagaimana proses kegiatan Istighotsah (2) Bagaimana motivasi masyarakat muslimah kota Tangerang mengikuti kegiatan istighotsah (3) Bagaimana dampak yang dirasakan setelah mengikuti kegiatan Istighostah . Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) Kegiatan Istighotsah dimulai dengan pembacaan sholawat, pembacaan tawasul yasin dan tahlil, pembacaan mujahadah asmaaul husna, istighotsah dan diakhiri dengan maui’dzoh hasanah. (2) Motivasi yang didapat sebab banyaknya problematika kehidupan, ajakan dari sanak sudara dan membutuhkan ketenangan jiwa. (3) Dampak setelah mengikuti istighotsah adanya ketenangan jiwa, ikatan sosial semakin meningkat. Terjalinnya hablumminallah dan hablumminannas.

References

Abu Luz, A. A. (2012). At-Tawassul Aqsamuhu wa Ahkamuhu, pen. Muhammad Iqbal Amrullah. Jakarta: Daarul Haq.

Ad-Daqqaa, S. A. (2007). Berdzikir kepada Allah Kajian Spiritual Masalah Dzikir dan Majelis Dzikir. Yogyakarta: Sajadah Press.

Adilah, A. N., Hidayatulloh, A., Gumilar, E. R., Renic, Y. G., Siti, H. S., Rizka, F. M., & Dewinggih, T. (2021). Optimalisasi Nilai Spiritualitas Masyarakat Desa Sunia Melalui Kegiatan Istighosah . Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: I No: LXXXVI Desember, 101-107.

Al-Banjari, R. R. (2013). Quantum Asmaul Husna : Menyingkap Tabir Agung Nama-Nama Allah dan Meraih Ajaibnya Bagi Kehidupan. Yogyakarta: Safira.

Arifah, A. U. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Prilaku Prososial Pada Remaja. Skripsi, 3. DOI: https://doi.org/10.20527/ecopsy.v3i3.2663

As'ad, M. (2017). The Message of The Qur’an, ter. Tim Penerkemah Mizan. Bandung: Mizan.

Asrori, M. (2012). Pengertian dan Bacaan Dalam Istighosah. Jurnal Tausiyah . Jurnal Tausiyah Vol III, 1. DOI: https://doi.org/10.20961/yustisia.v1i2.10646

At-Thabari, A. M. (2009). Tafsir AL Qur’an At-Thabari. Jakarta: Pustaka Azzam.

Baharuddin. (2004). Paradigma Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghofur, S. A. (2010). Rahasia Zikir dan Do'a. Yogyakarta: Darul Hikmah.

Hafidz, A. (2019). Konsep Dzikir dan Doa Prespektif Al-Qur'an. Islamic Akademika : Jurnal Pendidikan & Keislaman Vol.No.6, Issue No.1, 54-77.

Hasan, A. W. (2006). SQ Nabi: Aplikasi Strategi & Modal Kecerdasan Spiritual (SQ) Rasulullah di Masa Kini. Yogyakarta: Ircisod .

Hasim, F., & Falach, Y. N. (2020). Pendidikan Spiritual Dalam Tradisi Istighosah Santri Pondok Pesantren AL Mahrusiyah III Ngampel Kota Kediri. El Bidayah Journal Of Islamic Elementary Education Volume 2 No. 2 September, 89-100. DOI: https://doi.org/10.33367/jiee.v2i2.1304

Istianah. (2016). Shilaturahim Sebagai Uapaya Menyambungkan Tali Yang Terputus. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 199-210. DOI: https://doi.org/10.21043/riwayah.v2i2.3143

Jalaluddin. (2004). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Jaya, Y. (2014). Spiritualitas Islam: Dalam Menumbuhkembangkan Kepribadian dan Kesehatan Mental. Jakrta: Ruhama.

Mangestuti, R., & Aziz, R. (2017). Pengembangan Spiritualitas Remaja: Mengapa Remaja Laki-Laki Lebih Memerlukan Dukungan Keluarga Dalam Pengembangan Spiritualitas. Psikoislamika Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam Vol. 14 No 1 , 31-37. DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v14i1.6500

Meleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mubarok, A. (2014). Psikologi Dakwah. Malang: Madani Press.

Munawwir, A. W. (2007). Kamus Al-Munawwir Indonesia dan Arab. Surabaya: Pustaka Progresif.

Muslih, M. H. (2010). Kesahihan Dalil Tahlil Menurut Al-Qur'an dan Hadits. Semarang: PT Karya Toha Putra Semarang.

Rosmani, A. F., & Zakaria, M. H. (2018). Asmaul Husna Learning through Gamifications and Adaptation of Signalling Principle. Journal of Physics: Conference Series Conf. Series 1019 . DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1019/1/012080

Silviyana, E. (2019). Efektivitas Istighotsah Dalam Mengatasi Problematika Kehidupan (Studi Kasus Istighotsah Mingguan K.H Abdul Syakur Yasin di Tegal Agung Desa Benda Kecamatan Karangampel). Orasi Jurnal Dakwah dan Komunikasi Volume 10 No. 1 Juli, 74-88. DOI: https://doi.org/10.24235/orasi.v10i1.5140

Siswanto, W. (2010). Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuliyatun. (2013). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pendidikan Agama. Jurnal Dakwah STAIN Kudus Vol. 1 No. 1 Desember, 153-172. DOI: https://doi.org/10.21043/thufula.v1i1.4251

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Muhammad Najib Murobbi, N., & Layla Mardliyah. (2023). Pendidikan Nilai Spiritual Masyarakat Kota Tangerang Melalui Tradisi Kegiatan Istighotsah (Studi Kasus Pondok Pesantren Uzlifatil Jannah Kota Tangerang, Banten). Jurnal Penelitian Agama, 24(1), 71–86. https://doi.org/10.24090/jpa.v24i1.2023.pp71-86

Issue

Section

Articles