Pola Pembelajaran Multimedia (Studi Proses Pembelajaran di STAIN Purwokerto)

Authors

  • Tri Rachmijati STAIN Purwokerto
  • Mutijah Mutijah STAIN Purwokerto
  • Rahmini Hadi STAIN Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp133-151

Keywords:

pembelajaran, multimedia, laptop, komputer, scl

Abstract

Abstract: Multimedia learning useful for improving learning outcomes. Lecturersat STAIN Purwokerto environment also seemed to respond positively STAINPurwokerto effort that has been providing electronic media in the form of LCDprojectors in every classroom. This is evident in the use of laptops and LCD projectorsas a medium of learning in the lecture. Nevertheless, the use of laptops and LCDprojectors require caution in order not to make the learning becomes centered onthe lecturer alone. The results showed that most of the lecturers STAIN Purwokertohave used laptops and LCD in the learning process. Multimedia learning undertakenutilizing text, pictures/photos, sound, animation, and film/video. More than half of therespondents expressed consent to and support for the lectures with a laptop/computerand LCD projector or multimedia learning.Keywords: Learning, Multimedia, Laptop/Computer, SCL. Abstrak: Pembelajaran multimedia bermanfaat bagi upaya peningkatan hasilbelajar. Dosen-dosen di lingkungan STAIN Purwokerto juga tampak meresponpositif upaya STAIN Purwokerto yang telah menyediakan media elektronik yangberupa LCD proyektor di setiap kelas. Hal tersebut terlihat pada penggunaan laptopdan LCD proyektor sebagai media pembelajaran dalam proses perkuliahan. Meskidemikian, penggunaan laptop dan LCD proyektor tersebut menuntut kehati-hatianagar tidak membuat pembelajaran yang menggunakan komputer menjadi berpusatpada dosen saja. Permasalahan yang dikaji melalui penelitian adalah: [1]Bagaimanakah pola pembelajaran multimedia oleh para dosen STAIN Purwokerto?[2] Seberapa banyak pembelajaran multimedia tersebut, dan untuk fungsi apasaja? [3] Bagaimana kesesuaian pembelajaran multimedia dengan strategipembelajaran yang semestinya dilaksanakan berdasarkan tujuan pembelajaranyang ingin dicapai? Dan [4] Bagaimana penilaian mahasiswa peserta kuliah terhadappembelajaran multimedia? Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagianbesar dosen STAIN Purwokerto telah memanfaatkan dan menggunakan laptopdan LCD dalam proses pembelajaran. Pembelajaran multimedia yang dilaksanakanmemanfaatkan teks, gambar/foto, suara, animasi, dan film/video. Lebihdari separuh responden menyatakan kesetujuan dan dukungannya terhadapperkuliahan dengan menggunakan laptop/komputer dan LCD proyektor ataupembelajaran multimedia. Selain itu, ada saran agar lebih variatif dalam menggunakanmedia dan metode pembelajaran, atau sesekali perlu belajar di luarkelas, sehingga terpaku pada materi di power point.Kata Kunci: Pembelajaran, Multimedia, Laptop/Komputer, SCL.

References

Ariani, Niken dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah,
Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta:
PT Prestasi Nusantara.
Asnawir, Basirudin Usman. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Dewajani, Sylvi. 2006. “Student Centered Learning”, Materi Lokakarya
Peningkatan Kualitas Teknik Pembelajaran Student Center Learning.
Yogyakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Gadjah Mada.
Ditjen Dikti Depdiknas. 2004. Tanya Jawab Seputar Unit dan Proses Pembelajaran
di Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: CV.
Fifamas.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:
Galang Persada Press.
Prabowo, Eko. 2003, Presentasi Multimedia Dengan Director MX. Jakarta: PT
Elex Media Komputindo.
Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
______________. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan, Cetakan VII. Jakarta: Kencana.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survai. Jakarta:
LP3ES.
Slamet, Y. 1993. Analisis Kuantitatif untuk Data Sosial. Solo: Dabara Publisher.
Subagyo, Pangestu. 1992. Statistika Deskriptif, Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.
Sudjana, H.D. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung:
Penerbit Falah Production.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algesindo.
Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian, Cetakan Kesembilan. Bandung:
Alfabeta.
Suyanto, M. 2005. Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wardani, I.G.A.K., dkk. 2008. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Penerbit
Universitas Terbuka.
Winarno,dkk. 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pendidikan. Genius Prima Media.
Yamin, Martinis dan Basu I Ansari. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan
Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada.
Sumber Lainnya:
Anonim, Kumpulan Metode Pembelajaran/Pendampingan, diunduh dari http://
file.upi.edu/Direktori/KD-SUMEDANG/197212262005011002-
PRANA_DWIJA_ISWARA/perpustakaan-pengarang%20orang%20lain/
kumpulan%20metode%20pembelajaran%20atau%20pendampingan.pdf pada
15 Februari 2014.
Idris, 2008, “Pengembangan Multimedia PembelajaranBerbantuan Komputer”,
diunduh dari http://gwi-network.com/sites/default/files/ebooks/05-husni-48-
57-final.pdf, pada 16 Februari 2014.
I.T. Snyder, Multimedia and Learning: Where’s the Connection? Developments
in Business Simulation and Experiental Exercise, Volume 23, 1996, hlm.
179. Diakses pada http://sbaweb.way ne.edu
Leksono, Islam, dan Sidik, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan
Komputer (PBK) untuk SMA Pada Materi Amfibi” diunduh dari http://
sippendidikan.org/file_upload/229_Suroso-Pengemb%20Media%20
Pembel%20Berbantuan%20Komputer%20-rev%20jurnal.pdf, diunduh pada
16 Februari 2014.
Utari, Retno, “Taksonomi Bloom Apa dan Bagaimana Menggunakannya?” diunduh
dari http://www.bppk.depkeu.go.id/webpkn/attachments/766_1-
Taksonomi%20Bloom%20-%20Retno-ok-mima.pdf
Wijaya, Parsaroan, dan Rohendi, “Efektivitas Pembelajaran Multimedia Interaktif
Berbasis Konteks terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK”,
diunduh dari http://yogapermanawijaya. files.wordpress.com/2012/05/
efektivitas-pembelajaran-multimedia-interaktif-berbasis-konteks-terhadaphasil-
belajar-siswa-pada-mata-pelajar.pdf

Downloads

Published

2014-06-20

How to Cite

Rachmijati, T., Mutijah, M., & Hadi, R. (2014). Pola Pembelajaran Multimedia (Studi Proses Pembelajaran di STAIN Purwokerto). Jurnal Penelitian Agama, 15(1), 133–151. https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp133-151

Issue

Section

Articles