ANALISIS KEBERHASILAN BELAJAR MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI IAIN PURWOKERTO MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK
DOI:
https://doi.org/10.24090/jpa.v17i2.2016.pp230-250Kata Kunci:
Scholarship, Poor, Economic FactorsAbstrak
Abstract: The results of data analysis showed that disadvantaged-students scholarship and Bidik Misi scholarship recipients succeed in his studies indicated arnaverage IP obtained was 3.43 with details of 5.6% of the students received a designation of high academic ability and 94.4% received a designation capability extremely high academic. Meanwhile, scholarship recipients of non-disadvantaged-students and non-Bidik Misi scholarship have lower IP acquisition anaverage of 3.29 to 8.4% student predicate academic ability is low, 5.6% high, and very high 86.0%. There's no influence of economic factors of students with learning success, there is no effect between the origin of SMA / MA SMK to the success of learning, and there is influence between public or private schools of origin against the learning success. Keywords: Scholarship, Poor, Economic Factors.Referensi
Akbar, R. dan Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan Anak-Mengenal Sifat, Bakat, dan Kemampuan Anak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Anonim. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Artikel. http://jalurilmu.blogspot.com/2011/10.
Caplin, A and Leahy, J. 2001.Psychological Expected Utility Theory and Anticipatory Feelings, Quarterly Journal of Economics, 2001, JSTOR,
Fasli, J. 2010. Program Beasiswa Bidik Misi Beasiswa Pendidikan bagi Calon Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu, Depdiknas Dirjend Dikti Direktorat Kelembagaan.
Hadi, S. 2015. Metodologi Riset. Pustaka Pelajar:Yogyakarta.
Huda, Muhammad A.M, Damayanti, C, dan Budiantoro, S. 2014. Evaluasi Keberhasilan Studi Mahasiswa Program Beasiswa Bidik Misi dengan Pendekatan Logistik Biner,Proceeding Konferensi Nasional Matematika (KNM) XVII. Surabaya: ITS.
Karti S, Hanna. 2012. Analisis Statistik Faktor-faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa Diploma Penerima Beasiswa Bidik Misi di ITS Surabaya Tahun 2010. Surabaya: Statistika ITS.
Rahayu, Sri. 2010. Perbedaan Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Logaritma antara Siswa yang Berasal dari SMP Negeri dan yang Berasal dari SMP Swasta di SMK Pawiyatan Surabaya Kelas X Tahun Ajaran 2009-2010. Proceeding from GDLHUB.
Rokhman, Ali. 2010. Regresi Logistik. Artikel. Purwokerto: Program MAP Universitas Jenderal Soedirman.
Sahputra, N. 2009. Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa S1 Keperawatan Semester III Kelas Ekstensi PSIK FK USU Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara Medan.
Sangdedi. Perbedaan Pendidikan di Sekolah Negeri, Swasta, dan Internasional. Artikel. http://klikbelajar.com/umum. Diunduh 25 Mei 2015 pukul 14.42 WIB.
Sucahyo Y Adi. 2014. Perbandingan Prestasi Akademik antara Mahasiswa Bidik Misi dan Mahasiswa Non Bidik Misi. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 02 Nomor 01 Tahun 2014, 266-268.
Waruwu E. Fidelis dan Sukardi. 2006. Korelasi antara Optimisme dan Prestasi Akademik Siswa Kelas 6 SD Santa Maris di Cirebon. Journal of Psychology. Vol 4, No.1.
http://kavlingsepuluh.blogspot.com/2011/02/kembalikan-makna-sarjana.html.
http://ayumega-ug.blogspot.com/2011/12/sarjana.
Anonim. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Artikel. http://jalurilmu.blogspot.com/2011/10.
Caplin, A and Leahy, J. 2001.Psychological Expected Utility Theory and Anticipatory Feelings, Quarterly Journal of Economics, 2001, JSTOR,
Fasli, J. 2010. Program Beasiswa Bidik Misi Beasiswa Pendidikan bagi Calon Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Kurang Mampu, Depdiknas Dirjend Dikti Direktorat Kelembagaan.
Hadi, S. 2015. Metodologi Riset. Pustaka Pelajar:Yogyakarta.
Huda, Muhammad A.M, Damayanti, C, dan Budiantoro, S. 2014. Evaluasi Keberhasilan Studi Mahasiswa Program Beasiswa Bidik Misi dengan Pendekatan Logistik Biner,Proceeding Konferensi Nasional Matematika (KNM) XVII. Surabaya: ITS.
Karti S, Hanna. 2012. Analisis Statistik Faktor-faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa Diploma Penerima Beasiswa Bidik Misi di ITS Surabaya Tahun 2010. Surabaya: Statistika ITS.
Rahayu, Sri. 2010. Perbedaan Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Logaritma antara Siswa yang Berasal dari SMP Negeri dan yang Berasal dari SMP Swasta di SMK Pawiyatan Surabaya Kelas X Tahun Ajaran 2009-2010. Proceeding from GDLHUB.
Rokhman, Ali. 2010. Regresi Logistik. Artikel. Purwokerto: Program MAP Universitas Jenderal Soedirman.
Sahputra, N. 2009. Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa S1 Keperawatan Semester III Kelas Ekstensi PSIK FK USU Medan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara Medan.
Sangdedi. Perbedaan Pendidikan di Sekolah Negeri, Swasta, dan Internasional. Artikel. http://klikbelajar.com/umum. Diunduh 25 Mei 2015 pukul 14.42 WIB.
Sucahyo Y Adi. 2014. Perbandingan Prestasi Akademik antara Mahasiswa Bidik Misi dan Mahasiswa Non Bidik Misi. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Volume 02 Nomor 01 Tahun 2014, 266-268.
Waruwu E. Fidelis dan Sukardi. 2006. Korelasi antara Optimisme dan Prestasi Akademik Siswa Kelas 6 SD Santa Maris di Cirebon. Journal of Psychology. Vol 4, No.1.
http://kavlingsepuluh.blogspot.com/2011/02/kembalikan-makna-sarjana.html.
http://ayumega-ug.blogspot.com/2011/12/sarjana.
Unduhan
Diterbitkan
2016-12-19
Cara Mengutip
Mutijah, M. (2016). ANALISIS KEBERHASILAN BELAJAR MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI IAIN PURWOKERTO MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK. Jurnal Penelitian Agama, 17(2), 230–250. https://doi.org/10.24090/jpa.v17i2.2016.pp230-250
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).