MODEL PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.24090/jpa.v18i2.2017.pp356-370Keywords:
Education, Inclusion, Early Childhood EducationAbstract
Abstract: Inclusion education is one model of education that mixes students or children with special needs (ABK) with other students (normal) to study together in a classroom. The curriculum used in inclusive education is the same as that used in public schools, only the curriculum for children with special needs (ABK) is more specific and in accordance with the abnormalities that each child suffers. According to the researcher, the learning process in inclusion class with cluster model which implemented in PAUD Terpadu Putra Harapan Purwokerto can be said successful. This can be seen from the development of children with special needs (ABK) is increasing. In addition, it can happen because of various factors that support the process of learning model of inclusion education. Such as: factors of the principal, teachers, parents, and peers. Keywords: Education, Inclusion, Early Childhood EducationReferences
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azka Prihandini Miliati. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Inklusi Pada Film Front Of The Class, Skripsi Strata 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Azwar, Saifudin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Budiyanto. 2005. Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Delphie,Bandi. 2009. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khsusus dalam Setting Pendidikan Inkulsi. Klaten : PT. Intan Sejati.
Efendi, Mohammad. 2005. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadis,Abdul. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta.
http://dunkviddya.wordpress.com/2013/02/17/teknik-pengumpulan-subjek/ dikutip pada tanggal 10 Agustus 2017 Pukul 15.30
http://www.Pikiran-rakayat.com/cetak/2005/0805/04/1106.htm.2007.
Jannah Miftakhul dan Ira Darmawanti. 2004. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini dan Deteksi Dini Pada Anak Berkebutuhan. Surabaya: Insight Indonesia.
Kustawan Dedi Dan Budi Hermawan. 2012. Model Implementasi Pendidikan Inklusif Ramah Anak. Jakarta: Luxima Metro Media.
Kusumah Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Madyawati Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prena Media Group.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permendiknas RI No.70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusi Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan Atau Bakat Istimewa.
Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Penelti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santrock, John W. 2002. Live Span Deveploment Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Airlangga.
Smart,Aqila. 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat (Metode Pembelajaran dan Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus). Yogyakarta: Kata Hati.
Smith, J. David. 2009. Inclusionschool For All Student Diterj.Oleh Dennis Dan Enricha. Bandung : Nuansa.
Sugiarmin, Mohammad. 2009. Inklusi Sekolah Ramah untuk Semua. Jakarta: Nuansa.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tafsir, Ahmad. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tohirin. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Wardani, dkk. 2016. Pengantar Pendidikan Anak berkebutuhan Khusus. Tangerang Selatan: UT.
Wasita, Ahmad. 2012. Seluk Beluk Tunarungu Dan Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.
Wiramihardja, Sutardjo A. 2005. Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Refikaditama.
Azka Prihandini Miliati. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Inklusi Pada Film Front Of The Class, Skripsi Strata 1 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Azwar, Saifudin. 2003. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Budiyanto. 2005. Pengantar Pendidikan Inklusif Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional.
Delphie,Bandi. 2009. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khsusus dalam Setting Pendidikan Inkulsi. Klaten : PT. Intan Sejati.
Efendi, Mohammad. 2005. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadis,Abdul. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung: Alfabeta.
http://dunkviddya.wordpress.com/2013/02/17/teknik-pengumpulan-subjek/ dikutip pada tanggal 10 Agustus 2017 Pukul 15.30
http://www.Pikiran-rakayat.com/cetak/2005/0805/04/1106.htm.2007.
Jannah Miftakhul dan Ira Darmawanti. 2004. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini dan Deteksi Dini Pada Anak Berkebutuhan. Surabaya: Insight Indonesia.
Kustawan Dedi Dan Budi Hermawan. 2012. Model Implementasi Pendidikan Inklusif Ramah Anak. Jakarta: Luxima Metro Media.
Kusumah Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Madyawati Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prena Media Group.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Permendiknas RI No.70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusi Bagi Peserta Didik Yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan Atau Bakat Istimewa.
Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Penelti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santrock, John W. 2002. Live Span Deveploment Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Airlangga.
Smart,Aqila. 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat (Metode Pembelajaran dan Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus). Yogyakarta: Kata Hati.
Smith, J. David. 2009. Inclusionschool For All Student Diterj.Oleh Dennis Dan Enricha. Bandung : Nuansa.
Sugiarmin, Mohammad. 2009. Inklusi Sekolah Ramah untuk Semua. Jakarta: Nuansa.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tafsir, Ahmad. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tohirin. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Wardani, dkk. 2016. Pengantar Pendidikan Anak berkebutuhan Khusus. Tangerang Selatan: UT.
Wasita, Ahmad. 2012. Seluk Beluk Tunarungu Dan Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.
Wiramihardja, Sutardjo A. 2005. Pengantar Psikologi Abnormal. Bandung: Refikaditama.
Downloads
Published
2017-10-20
How to Cite
Ghita, A. M., Wahyuningsih, W., & Ulfa, Z. (2017). MODEL PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Jurnal Penelitian Agama, 18(2), 356–370. https://doi.org/10.24090/jpa.v18i2.2017.pp356-370
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).