IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PESANTREN SEKOLAH DI SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN
DOI:
https://doi.org/10.24090/jpa.v16i2.2015.pp308-326Kata Kunci:
Implementation, Character Education, PesantrenAbstrak
Abstract: The results of this study indicate that the process of implementation of character education through vocational boarding school in Maarif 1 Kebumen showed 9 characters embedded in the school through fomal and non-fomal schools provide character education to leamers. These activities include: jama'ah fard prayer, recitation of books, reading the Koran, follow the teaching of English, khitobah and voluntary work on Sundays, as well as through the method of waming, modeling, and methods of habituation. Keywords: Implementation, Character Education, Pesantren.Referensi
Abd. Mujib, Muhaimin. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Bandung: Trigenda Karya.
Abdul Madjid, Dian Andayani. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Amiruddin Nahrawi. 2008. Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Yogyakarta: Gama Media.
Asmaun Sahlan dan Angga Teguh Prasetyo. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Athok Fu’adi. 2012. Kompetensi Guru MI Ma’arif Setono Ponorogo dalam Pembelajaran Sains Berbasis Pendidikan Karakter. Purwokerto: Insania.
Fathul Aminudin Aziz. 2014. Manajemen Pesantren. Purwokerto: STAIN Press
Heri Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Jamal Ma’mur Asmani. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Mukhlas Samani dan Hariyanto. 2013. Makna Karakter, Nilai-Nilai, dan Konsep Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningsih, Tutuk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perspektif di Sekolah.Purwokerto: INSANIA.
Nurdin Usman. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurkholis Madjid. 1997. Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramaddina.
S. Lestari & Ngatini. 2010. Pendidikan Islam Kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slamet Yahya. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an. Purwokerto: INSANIA.
Suparjo. 2014. Keberlangsungan Tradisi Pesantren di Era Modern: Komunikasi Interpersonal Kiai-Santri. Purwokerto: STAIN Press.
Suparlan. 2012. Praktik-Praktik Terbaik Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Hikayat.
Abdul Madjid, Dian Andayani. 2005. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Amiruddin Nahrawi. 2008. Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Yogyakarta: Gama Media.
Asmaun Sahlan dan Angga Teguh Prasetyo. 2012. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Athok Fu’adi. 2012. Kompetensi Guru MI Ma’arif Setono Ponorogo dalam Pembelajaran Sains Berbasis Pendidikan Karakter. Purwokerto: Insania.
Fathul Aminudin Aziz. 2014. Manajemen Pesantren. Purwokerto: STAIN Press
Heri Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Jamal Ma’mur Asmani. 2013. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS.
Mukhlas Samani dan Hariyanto. 2013. Makna Karakter, Nilai-Nilai, dan Konsep Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningsih, Tutuk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perspektif di Sekolah.Purwokerto: INSANIA.
Nurdin Usman. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurkholis Madjid. 1997. Bilik-bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramaddina.
S. Lestari & Ngatini. 2010. Pendidikan Islam Kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slamet Yahya. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an. Purwokerto: INSANIA.
Suparjo. 2014. Keberlangsungan Tradisi Pesantren di Era Modern: Komunikasi Interpersonal Kiai-Santri. Purwokerto: STAIN Press.
Suparlan. 2012. Praktik-Praktik Terbaik Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Hikayat.
Unduhan
Diterbitkan
2015-12-10
Cara Mengutip
naufary, alfiyan. (2015). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PESANTREN SEKOLAH DI SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN. Jurnal Penelitian Agama, 16(2), 308–326. https://doi.org/10.24090/jpa.v16i2.2015.pp308-326
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).