Nilai-Nilai Multikultural dalam Bahan Ajar (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Islamiyah Nahdlatutthullab Cilacap)

Authors

  • Rohmat Rohmat Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/jpa.v17i1.2016.pp1-27

Keywords:

Pendidikan Multikultural, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan yang akan dicapai adalah menemukan nilai-nilai  multikultural dalam bahan ajar Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Islamiyah Nahdlatutthullab (MA MINAT) Cilacap. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif-naturalistik. Subjek penelitian dipilih dari para praktisi pendidikan di MA MINAT Cilacap dan guru Pendidikan Agama Islam yang terdiri guru mata pelajaran Al Qur’an Hadis, Akidah akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam, serta analisa dokumen bahan ajar pendidikan agama Islam. Hasil penelitian tentang nilai-nilai multikultural dalam bahan ajar di MA MINAT Cilacap yaitu: persamaan hak, adil, toleransi, persaudaraan dan etika pergaulan. Nilai-nilai tersebut terdokumentasi secara rinci dalam bahan ajar pendidikan agama Islam. Nilai-nilai multikultural selanjutnya diimplementasikan dalam  proses pembelajaran dan di dukung dengan kultur madrasah yang responsif terhadap multikultural. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Pendidikan Agama Islam.

References

Ahmadi. 2005. Idiologi Pendidikan Islam Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Alfaro, C. 2008. Global student teaching experiences: stories bridging cultural and inter-cultural difference Versi Elektronik. Journal of Multicultural Education, 15, 4, 117-127.
Almarza, D.J. 2005. Connecting multicultural education theories with practice: a case study of an intervention course using the realistic approach in teacher Education Versi Elektronik. Bilingual Research Journal, 29, 3,197-110.
Aly, Abdullah. 2011. Pendidikan islam multikultural di pesantren telaah terhadap kurikulum pondok pesantren modern islam assalam surakarta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Awokoya, J.T., Clark, C. 2008. Demystifying Cultural Theories And Practices: Locating Black Immigrant Experiences In Teacher Education Research. Journal Multicultural Education. Versi Elektronik. 16, 2,205-211.

Azra, Azyumardi. 2002. Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi Dan Demokratisasi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas

Banks, J.A. 2005. Multicultural Education: Issues And Perspectives, fifth edition. America: JhonWiley & Sons, Inc.

__________. 1991. Curriculum Planning And Development. United State America: Mc.Graw-Hill Book Company.

___________.2007. Educating Citizens In A Multicultural Society. Second edition, New York: Teacher college press.

Beairsto, Bruce dan Tony Carrigan . 2004. Imperatives And Possibilites For Multicultural Education Versi Elektronik. Journal of, 44, 2,302-318.

Burnet, G. 2007. Varieties of multicultural education: An introduction: New York: Eric Publication.

Chen, M. 2009. Seeking Accurate Cultural Representation Versi Elektronik. Journal of Multicultural Education, 16, 3,120-131.

Chinaka, S.D. dan Nwachukwu. 2005. Standards-Based Planning And Teaching In A Multicultural Classroom Versi Elektronik. Journal of Multicultural Education. San Francisco: Vol. 13, Edisi 1,95-107.

Ekstrand,L. 1994. Multicultural Education. J.Saha (ed). International encyclopedia of the society of education. New York: Pergamon.

Fong, A., dan Sheets, R.H. 2010. Multicultural education: teacher conceptualization and approach to implementation Versi Elektronik. Journal Multicultural Education, 55, 875-890.

Gollnik, D.M dan Chin, P.C. 1983. Multicultural Education In A Pluralistic Society. London: The CV Mosby Company.

H.A.R. Tilaar. 2002. Pendidikan, Kebudayaan Dan Masyarakat Madani Indonesia: Strategi Reformasi Pendidikan Pendidikan Nasioanal. Bandung: Rosda Karya.

Huber,T., Warring, et all. 2010. Multicultural/Diversity Outcomes: Assessing Students' Knowledge Bases Across Programs In One College Of Education1 Versi Elektronik. Journal of Thought. Edisi 5, 451-468.

Husein, Muhammad. 2005. Makalah Refleksi Bersama Empat Agama Dan Gerakan Sosial Dan Pluralisme. Diselenggarakan oleh The wahid institute pp al urwatul wusqa.
Laduke, A.E. 2009. Resistance And Renegotiation: Preservice Teacher Interactions With And Reactions To Multicultural Education Course Content Versi Elektronik. Journal Of Multicultural Education, 16, 3,343-357.
Smith, E.B. 2009. Approaches To Multicultural Education In Preservice Teacher Education: Philosophical Frameworks And Models For Teaching Versi Elektronik. Journal Multicultural Education, 16, 3,512-530.
Syamsul Arifin., dan Ahmad Barizi. 2001. Paradigma Pendidikan Berbasis Pluralism Dan Demokrasi: Rekonstruksi dan Akulturasi Tradisi Ikhtilaf Dalam Islam. Malang: UMM.
Syamsul Ma’arif. (2006). Islam dan pendidikan pluralisme, (menampilkan wajah islam toleran melalui kurikulum pai berbasis kemajemukan), makalah disampaikan dalam annual conference kajian islam di Lembang Bandung Tanggal 26-30 November Tahun 2006.
Thoyibi,. dkk. 2006. Dimensi Multikulturalisme dalam Ceramah Keagamaan Di Surakarta. Surakarta: PSB-PS.UMS.
Wong, P. 2008. Transactions, transformation and transcendence: multicultural service-learning experience of preservice teachers Versi Elektronik. Journal of javascript:void(0);Multicultural Education, 16, 126-139.
Yakin, Ainul. 2005. Pendidikan Multikultural Cross Cultural Understanding Untuk Demokrasi Dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.
Yana Syafrie. 2004. Multikultural dan Agenda Kemanusiaan, Waspada Online, 22 Mei 2004 15:54 WIB.
Yudi Latif. 2005. Intelegensia Muslim dan Kuasa: Genealogi Inteligensia Muslim Indonesia Abad Ke-20. Bandung: Mizan.
Zamroni. 2010. A Conception Frame-Work Of Multicultural Education: PPs UNY

_____________. 2010. The Implementation Of Multicultural Education: Pps UNY

Zamachsjari Dhofier. 2000. Revitalisasi Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Masyarakat Madani (Dalam Ismail SM Eds). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zakiyuddin. 2005. Pendidikan agama berwawasan multikultural. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2016-03-20

How to Cite

Rohmat, R. (2016). Nilai-Nilai Multikultural dalam Bahan Ajar (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Islamiyah Nahdlatutthullab Cilacap). Jurnal Penelitian Agama, 17(1), 1–27. https://doi.org/10.24090/jpa.v17i1.2016.pp1-27

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.