Pengembangan Bakat dan Minat
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1437Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan bakat seorang anak, perlu diperhatikan beberapa hal, di antaranya: (1) Perhatian; (2) Motivasi; (3) Dukungan; (4) Pengetahuan; (5) Latihan; (6) Penghargaan; (7) Sarana; (8) Lingkungan; (9) Kerjasama; dan (10) Teladan yang baik. Sedangkan minat seorang anak mencakup hal-hal berikut, perasaan senang atau tertarik pada objek yang menjadikan seseorang memperhatikan objek yang disenangi serta adanya pengetahuan tentang suatu objek. Untuk dapat mengenal siswa-siswa yang berbakat dan minat siswa dalam kelas, guru bidang studi atau guru wali kelas merupakan subjek yang paling bisa diandalkan, sebab mereka inilah yang setiap waktu bergaul dengan siswa-siswa. Ada beberapa macam program pengembangan bakat dan minat siswa yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah. Pertama, pemerkayaan. Penyediaan kesempatan dan fasilitas-fasilitas belajar tambahan yang bersifat pendalaman kepada siswa-siswa berbakat dan penuh minat, setelah yang bersangkutan menyelesaikan tugas-tugas yang diprogramkan untuk siswa-siswa pada umumnya. Kedua, percepatan. Dimaksudkan siswa diperbolehkan naik kelas secara meloncat, atau menyelesaikan program regular di dalam jangka waktu yang lebih singkat. Ketiga, pengelompokkan khusus, yaitu memberi kesempatan anak secara khusus untuk memperoleh pengalaman belajar yang sesuai dengan minat dan potensinya. Keempat, peninjauan lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan atau pemberian bantuan kepada siswa-siswa berbakat untuk bisa melanjutkan studi sesuai dengan minatnya.Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).