Pengembangan Bakat dan Minat

Penulis

  • Khothibul Iman Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1437

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengembangan bakat seorang anak, perlu diperhatikan beberapa hal, di antaranya: (1) Perhatian; (2) Motivasi; (3) Dukungan; (4) Pengetahuan; (5) Latihan; (6) Penghargaan; (7) Sarana; (8) Lingkungan; (9) Kerjasama; dan (10) Teladan yang baik. Sedangkan minat seorang anak mencakup hal-hal berikut, perasaan senang atau tertarik pada objek yang menjadikan seseorang memperhatikan objek yang disenangi serta adanya pengetahuan tentang suatu objek. Untuk dapat mengenal siswa-siswa yang berbakat dan minat siswa dalam kelas, guru bidang studi atau guru wali kelas merupakan subjek yang paling bisa diandalkan, sebab mereka inilah yang setiap waktu bergaul dengan siswa-siswa. Ada beberapa macam program pengembangan bakat dan minat siswa yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah. Pertama, pemerkayaan. Penyediaan kesempatan dan fasilitas-fasilitas belajar tambahan yang bersifat pendalaman kepada siswa-siswa berbakat dan penuh minat, setelah yang bersangkutan menyelesaikan tugas-tugas yang diprogramkan untuk siswa-siswa pada umumnya. Kedua, percepatan. Dimaksudkan siswa diperbolehkan naik kelas secara meloncat, atau menyelesaikan program regular di dalam jangka waktu yang lebih singkat. Ketiga, pengelompokkan khusus, yaitu memberi kesempatan anak secara khusus untuk memperoleh pengalaman belajar yang sesuai dengan minat dan potensinya. Keempat, peninjauan lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan atau pemberian bantuan kepada siswa-siswa berbakat untuk bisa melanjutkan studi sesuai dengan minatnya.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2015-06-15

Cara Mengutip

Iman, K. (2015). Pengembangan Bakat dan Minat. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(2), 263–274. https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1437

Terbitan

Bagian

Articles