Pembelajaran Kreatif Untuk Mewujudkan Anak-Anak Yang Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter

Penulis

  • Heru Kurniawan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1433

Abstrak

Abstrak : Pembelajaran kreatif adalah pembelajaran yang bertumpu pada empat pondasi pokok, yaitu belajar yang didesain menyenangkan untuk anak; belajar untuk bisa lebih dari mendapatkan nilai yang baik, tetapi sampai pada menghasilkan karya belajar yang berupa: karya intelektual, performa kreasi, dan kegiatan edukasi; belajar yang selalu mendapat apresiasi nilai dan publikasi dari guru; dan belajar yang mampu meningkatkan motivasi anak untuk belajar. Dengan keempat pondasi di atas, pembelajaran kreatif ini akan bisa membentuk: anak-anak yang cerdas, yaitu anak yang bisa menyelesaikan persoalan belajar sesuai dengan keluasan pengetahuannya; anak yang kreatif, yaitu anak yang bisa mengaktualisasikan ide, gagasan, dan perasaannya secara konkret; dan anak-anak yang memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam kehidupan sehari-harinya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2015-06-15

Cara Mengutip

Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran Kreatif Untuk Mewujudkan Anak-Anak Yang Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 20(2), 205–216. https://doi.org/10.24090/insania.v20i2.1433

Terbitan

Bagian

Articles