Kepemimpinan Pendidikan Dalam Perspektif 6 Sistem Nilai Prof. Dr. Ahmad Sanusi
DOI:
https://doi.org/10.24090/insania.v20i1.1432Abstrak
Abstrak: Kepemimpinan adalah masalah fundamental dalam kemajuan masyarakat atau organisasi, termasuk institusi sekolah. Banyak teori atau konsep yang dikemukakan oleh para pakar, tetapi tidak selalu cocok untuk setiap keadaan. Oleh karena itu, perlu dikaji kepemimpinan banyak aspek dan nilai. Peneliti mengkaji pemikiran 6 sistem nilai dari Prof. Dr. Ahmad Sanusi, yaitu: nilai teologis, logis, etik, estetik, fisiologis, dan teleologis. Enam sistem nilai tersebut dijadikan landasan dalam kepemimpinan pendidikan. Hasilnya 6 sistem nilai tersebut bisa menjadi landasan yang kuat, komprehensif, dan bermakna bagi kepala sekolah untuk menjalankan tugas-tugasnya. Bisa mencapai tujuan kepemimpinan pendidikan baik yang bersifat pribadi ataupun sosial, formal ataupun informal, struktural ataupun non struktural dunia ataupun akhirat.Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative CommonsAttribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).